People Innovation Excellence
 

LEADERSHIP VERSUS FOLLOWERSHIP [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Para pengikut yang tidak mau terlibat dengan tugas dan kegiatan organisasi  mereka, dan tidak pernah menyumbangkan pemikiran kritis adalah  jenis pengikut  tipe pasif. Pengikut jenis ini memerlukan  motivasi dan arahan yang konstan, sehingga pada gilirannya  dapat menguras tenaga dan pikiran para pemimpin dan tim kerjanya. Sedangkan mereka yang mendukung tugas dan termotivasi, akan  tetapi tidak bersikap kritis  adalah jenis pengikut tipe konformis. Mereka akan selalu mendukung para pemimpin tim kerja mereka dan dapat bekerja keras, akan tetapi mereka sulit mempertimbangkan pilihan lain serta sulit membuat keputusan tanpa bimbingan dari pemimpin mereka. Adapun tipe pengikut oposan adalah mereka yang memiliki tingkat pemikiran kritis, akan tetapi berlepas tangan dari tugas dan kegiatan organisasi  mereka. Pengikut tipe ini biasanya tampil sebagai pribadi yang skeptis dan sinis. Ketika pemimpin dan  tim kerja hendak bergerak maju, mereka akan menyuarakan pendapat yang berbeda, dengan membangun alasan yang mematahkan semangat kerja. Mereka mungkin memiliki ide-ide bagus yang sengaja  tidak diajukan dengan maksud untuk  melemahkan tim kerja. Disamping itu terdapat tipe  pengikut teladan, yakni mereka yang mampu menerapkan berpikir kritis-konstruktif dan mampu berinteraksi dengan tim kerja dan para pemimpinnya. Jika mereka tidak setuju terhadap suatu hal tertentu, maka mereka akan beradu argumentasi dengan para pemimpinnya, serta mampu menawarkan alternatif konstruktif untuk membantu para pemimpin dan organisasinya untuk mencapai tujuan mereka.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close