People Innovation Excellence

LEADERSHIP VERSUS FOLLOWERSHIP [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Gaya followership merupakan  bagian penting untuk  terciptanya  kelompok berpikir dalam  suatu tim kerja. Dalam suatu tim kerja, seorang  pengikut dengan tipe  pasif akan selalu setuju dengan arus pemikiran  dan  pandangan tim kerjanya. Begitu pula pengikut tipe konformis akan secara aktif mendukung setiap keputusan tim kerja dan akan bertindak berdasarkan keputusan tersebut,  karena mereka tidak memiliki tingkat pemikiran independen yang diperlukan untuk mempertimbangkan suatu pilihan. Kedua gaya  followership ini dapat mempengaruhi suasana tim kerja dalam berpikir secara kolektif. Para pengikut dengan tipe oposan akan  menunjukkan pemikiran kritis dan mungkin saja konstruktif, namun karena kurangnya partisipasi mereka dalam tim kerja, sehingga pendapat  mereka menjadi tidak didengar oleh anggota lainnya, dan tim kerja tersebut akan menempuh alternatif berpikir yang muncul dari  anggota tim kerja yang lain. Sebaliknya, seorang pengikut tipe teladan akan mempertanyakan suatu situasi status quo, dan akan mengkritisi dan  mengevaluasi fakta-fakta dan pilihan sebelum membuat suatu keputusan. Dengan sendirinya, para pengikut tipe teladan akan memberikan tingkat pemikiran independen yang sangat penting  untuk tim  kerja, dan sekaligus mereka juga akan menghasilkan tingkat energi yang tinggi bagi tim kerja sehingga mereka termotivasi untuk membantu dalam membuat suatu keputusan dan unjuk kerja terbaik  yang perlu dilakukan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close