People Innovation Excellence
 

LEADERSHIP VERSUS FOLLOWERSHIP [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, para pengikut yang baik harus memiliki keberanian moral untuk mengungkapkan keprihatinan. Mereka perlu mempertanyakan dan memahami   alasan dibalik suatu keputusan. Namun sejalan dengan hal itu, mereka  tidak mencoba merongrong otoritas para pemimpinnya. Pengikut yang efektif harus mampu beradaptasi dan mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sendiri. Setelah para pengikut memahami keputusan dan segala  pertanyaan mereka telah terjawab secara memuaskan, maka mereka harus kembali pada keputusan para pemimpin dan tim kerja dengan sepenuh hati.  Berbicara perihal followership  tidak hanya sekedar bicara  tentang orang-orang dengan peran pengikut dalam suatu tim kerja, namun yang lebih penting lagi adalah tentang bagaimana hubungan antara masing-masing individu pengikut dengan para pemimpin mereka. Dalam hal ini, seorang pemimpin yang baik akan bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan yang kondusif untuk tumbuhnya gaya followership tipe teladan. Rasa saling menghormati antara para pemimpin dan para pengikut merupakan prasyarat kunci suatu keberhasilan. Dalam kasus dokter diatas, ada banyak sekali kesempatan dalam praktek klinik bagi dokter untuk menunjukkan followership yang baik dan sekaligus kepemimpinan yang baik pula. Seorang dokter junior dengan  bijaksana dapat mempertanyakan pendapat para seniornya mengapa suatu keputusan diambil, dan kemudian berusaha memahaminya dan  menyampaikan hal tersebut  kepada staf perawat dengan semangat mencapai tujuan yang dikehendaki.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close