People Innovation Excellence

Pendidikan Berbasis Kolektif-Komunal [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Perbincangan dan perenungan mengenai pendidikan, senantiasa akan tetap aktual dan menjadi perhatian publik, baik yang menyangkut pendidikan formal maupun nonformal. Teristimewa lagi bagi masyarakat, bangsa, dan negara  Indonesia, yang walau pun telah menghirup udara reformasi, namun tetap saja masih memperlihatkan fenomena penyelenggaraan roda pendidikan yang terseok-seok. Masih terngiang di indera pendengaran, hasil kajian seputar terpuruknya derajat kualitas sumber daya manusia (SDM) anak bangsa yang berada di lapisan papan bawah, bahkan tatkala diperbandingkan dengan negara-negara tetangga yang di masa lalu tergolong “anak bawang”.

Di Indonesia, pembahasan konseptual dan penulusuran hasil analisis atas penerapan program dari sistem pendidikan nasional acapkali disederhanakan menjadi diskusi habis-habisan yang membedah kurikulum, silabus, GBPP berikut SAP nya,  terutama semasa Orde Baru berjaya. Sudah menjadi kebiasaan saat itu, kurikulum menjadi lahan intervensi tak bertanggung jawab dengan dibongkar-pasang setiap menteri berganti. Terkesan disini, sukses tidaknya proses pendidikan hanya bergantung pada satu instrumen teknis-operasional saja, yakni kurikulum, yang terkesan dirancang glamor, meniru secara naif kurikulum negara-negara maju yang kita anggap sudah jauh lebih modern. Manusia Indonesia selaku subyek dari sistem pendidikan dengan latar belakang keragaman budaya yang unik, terutama pada kebiasaan tatanan pola perilaku interaktif komunal multidimensional justru seringkali diabaikan begitu saja.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close