People Innovation Excellence
 

Pendidikan Berbasis Kolektif-Komunal [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Wajarlah jika di benak siswa didik kita tercipta diskrepansi persepsi antara suasana kurikuler belajar mengajar di sekolah atau kampus yang individualis, dengan situasi kehidupan di lingkungan teman, keluarga, dan masyarakat yang bersifat komunalis. Tak dapat dipungkiri bahwa kesejukan, keamanan, dan kenyamanan batin manusia Indonesia pada dasarnya akan tertanam di saat mereka berada dan merasa “hadir” di lingkungan komunalnya. Sungguh suatu hal yang kontradiktif dengan orang Barat, yang merasakan kebahagiaan puncak eksistensialnya tatkala mereka tengah mengalami alam batin kesendirian, yang mungkin terasa ganjil bagi kita selaku orang Timur.

Kecanggungan, keganjilan, dan ketidakseimbangan nuansa kejiwaan antara perilaku generik para peserta didik dengan perangkat sistemik pendidikan “asing” menimbulkan keresahan bawah sadar  yang kemudian membuka katup penahan kendali super-egonya. Akibat yang ditimbulkannya adalah meletupnya energi agresif tak terkendali di ruang kelas dan di jalanan secara amat mengejutkan berupa meluasnya kebiasaan contek-mencontek, maraknya tawuran, dan bahkan disertai oleh tindakan kriminalitas lainnya, termasuk melejitnya jumlah keterlibatan para pelajar dalam narkoba, baik selaku pengguna maupun pengedar.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close