People Innovation Excellence
 

Pendidikan Berbasis Kolektif-Komunal [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Kembali ke permasalahan pendidikan di tanah air, patut kiranya ditinjau kembali mengenai gagasan beberapa pihak yang menyemangati publik dengan berbagai anjuran untuk mengembangkan pendidikan dan kurikulum berbasis kompetensi (KBK). Sangat dikhawatirkan, kompetensi yang didengungkan itu hanya semakin memperparah ketergantungan kita pada kompetensi bangsa-bangsa Barat, yang sudah jauh lebih maju dan distinktif. Ibarat mengejar laju kereta api dengan berjalan kaki.

Berdasarkan uraian di muka, sudah saatnya kita bersama-sama memberanikan diri mengembangkan suatu terobosan pemikiran strategik dalam merumuskan dan mengelola Sisdiknas, yang walaupun mencontoh pola Barat dalam sisi pengembangan aspek kompetensi para siswa dan mahasiswanya, namun tetap berakar di bumi sendiri dengan menghargai dan mengukuhkan terciptanya ruang komunal bagi mereka, yang dapat kita sebut sebagai konsep pendidikan berbasis kompetensi secara kolektif-komunal. Artinya, walaupun ada upaya meniru pola pendidikan Barat, namun dilaksanakan dengan kreativitas yang berbeda, karena makna ekspresi kompetensi  yang akan digugah dari  para siswa dan mahasiswa adalah dengan penekanan pada proses belajar-mengajar yang bersifat kekomunalan, yakni olah kompetensi secara berkelompok atau kolektif, dan bukannya individualis.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close