People Innovation Excellence

Pendidikan Berbasis Kolektif-Komunal [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Adapun rincian terapan kurikulernya dapat didiskusikan dan dibahas oleh berbagai pihak terkait secara bersama-sama. Dalam hal ini, kurikulum baku yang sudah ada sekarang diubah seperlunya saja, tanpa harus merombaknya secara menyeluruh, karena hakikat masalahnya bukan pada isi kurikulum (content  of curriculum), namun lebih substantial pada pengembangan atmosfir kemerdekaan aspiratif dalam menyintesiskan gairah pendidikan berbasis kompetensi dan komunal di sekolah dan kampus secara alami.

Dua karakteristik tadi, yakni gairah pendidikan berbasis kompetensi yang tinggi dan semangat kolektif – komunal yang kuat, yang telah membeku selama beberapa periode ini, kini perlu kiranya dihargai, ditata ulang, dicairkan, dan dirajut kembali. Hanya dengan berlandaskan mekanisme psikologik yang direkayasa (social-engineering) melalui perumusan kembali strategi pendidikan nasional, diprediksi akan mampu segera meneguhkan reintegrasi tatanan kepribadian para siswa didik dan mahasiswa, dalam mendorong perubahan perilaku kolektif-komunal yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Keseluruhan dialektika tadi mengantar pada upaya dan kesadaran masyarakat, bangsa, dan negara secara spontan untuk seintensif mungkin berbenah diri menerobos jalan buntu agar segera meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) nya, diiringi daya juang optimal yang menggelora demi mengejar ketertinggalan maupun mengungguli kemajuan bangsa-bangsa lain.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close