People Innovation Excellence

Quantum Leadership [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Suatu transformasi memperoleh daya dari realitas dan dinamika kehidupan, atau hidup didasarkan pada transformasi. Organisasi, teori manajemen dan kepemimpinan juga merupakan bagian dari kehidupan. Sebagaimana kehidupan yang terus berubah, transformasi sering menciptakan situasi ketidaknyamanan terutama ketika para pemimpin ingin melestarikan kondisi status quo. Manakala kita berpikir tentang quantum kepemimpinan, maka kepemimpinan bukanlah sifat yang  dapat dibentuk, diklasifikasikan, dimasukkan ke dalam pola atau teori tertentu, justru karena dalam kata quantum menyiratkan adanya makna ketidakpastian. Dengan pemikiran quantum, kita sebagai manusia dapat menciptakan kategori baru –bukan untuk menemukan kembali yang lama– akan tetapi mengubah mental kita, mengubah pemikiran kita tentang struktur dan organisasi dengan ide-ide baru. Dengan kata lain, kepemimpinan quantum harus dapat menawarkan proses rekonstruksi radikal. Dalam proses ini, koneksi lama harus dibongkar, dan yang baru ditetapkan dengan upaya untuk membangun proses baru. Adanya perubahan dalam pola hubungan akan membawa perubahan dalam konteks, sehingga dapat dicapai suatu konteks baru dan keberadaan baru. Hal demikian merupakan alasan bagi keberadaan organisasi dan kepemimpinan untuk senantiasa berubah. Dalam kepemimpinan quantum tersirat adanya dimensi holistik dan sistemik dari kepemimpinan. Oleh karenanya, setiap usaha untuk mengukur atau menstandardisasi dimensi kepemimpinan berarti terkandung adanya  ketidaktahuan  tentang adanya dimensi holistik dan sistemik dalam kepemimpinan ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close