People Innovation Excellence
 

Quantum Leadership [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam rangka mewujudkan kepemimpinan quantum, yang kita butuhkan adalah pandangan kritis untuk mencari kebenaran dalam memahami suatu fenomena atau isu. Jika kita tidak mampu untuk memahami fenomena atau isu tersebut, maka kita tidak dapat menghasilkan suatu pemikiran alternatif. Pandangan kritis adalah cara yang konstruktif, kreatif dan efektif untuk memproduksi pikiran-pikiran baru. Begitu pula, tindakan mengevaluasi atau menafsirkan sesuatu hal merupakan upaya untuk menekankan pentingnya proses, dan bukan  bertumpu pada aspek hasil semata. Melalui sistem berpikir quantum akan terungkap bagaimana manusia terhubung ke dunianya, dan bukan dipisahkan dari dunianya. Disamping itu, upaya yang terus menerus untuk memikirkan hal yang tidak beraturan dan kompleks serta belajar bagaimana hidup yang disertai dengan ketidakpastian dapat menghasilkan profil kepemimpinan yang berani mengambil resiko. Dalam pepatah lama, “sikap tidak mengambil risiko adalah lebih berisiko ketimbang mengambil risiko”. Artinya kita harus bebas dari ketakutan berbuat kesalahan dan mampu untuk mengambil risiko. Aspek lain yang penting adalah retorika. Retorika adalah seni berbicara atau tentang bagaimana berbicara dengan baik. Dalam hal ini memotivasi orang akan memerlukan  kemampuan retorik. Demikian pula halnya, seseorang akan lebih siap untuk menghadapi tantangan dan siap mengatasi ancaman, karena setiap pengalaman baru akan membuka kesempatan pembelajaran baru. Kreativitas seseorang akan terdorong untuk mengubah kondisi status quo, dan dengan memilih sumber daya lain dan pemikiran yang berbeda, ketimbang berulang kali mempraktikkan merode yang sama.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close