People Innovation Excellence

Quantum Leadership [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam berfikir quantum, realitas dibangun oleh fakta-fakta, dan bukan oleh representasi teoritis tertentu tentang fakta, sehingga kepemimpinan perlu dipahami melalui lensa hubungan, tidak melalui karakteristik atau perilaku para pemimpin yang juga tidak terlepas dari hubungan dengan lingkungannya. Dalam kepemimpinan quantum, suatu hubungan harus berkontribusi terhadap sifat kepemimpinan, sebaliknya pada saat yang sama, suatu kepemimpinan harus memberikan kontribusi pada sifat hubungan. Dengan demikian kompleksitas dalam kepemimpinan quantum adalah hasil dari hubungan non-linear.  Adanya dialog, percakapan, dan interaksi adalah sifat yang tak terpisahkan dari organisasi yang kompleks. Komunikasi informal yang langsung antara individu sangat penting. Oleh karena itu, kepemimpinan seyogyanya dapat memfasilitasi komunikasi. Sementara komunikasi dapat memasok energi yang mengarah pada munculnya suatu kreativitas. Kepemimpinan quantum akan memanfaatkan hal tersebut untuk memenuhi tantangan perubahan lingkungan. Dalam hubungan ini, energi diperoleh dari suatu hubungan dan pertukaran informasi. Dengan demikian energi, sebagai suatu sistem yang kompleks dapat adaptif dan hidup.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close