People Innovation Excellence
 

Mensiasati Konflik Kebangsaan Indonesia [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sudah semenjak lama para pakar perilaku menyadari bahwa kehadiran berbagai konflik individual maupun sosial pada runtutan siklus dinamika pengalaman interaksional seseorang ataupun sekelompok orang, baik pada momentum proses pertumbuhan ke-raga-an maupun perkembangan ke-jiwa-an sesungguhnya merupakan hal yang wajar dan sangat manusiawi.

Makna yang terkandung dari ungkapan di atas adalah bahwa meletupnya konflik individual maupun sosial tersebut merupakan isu dan fenomena historikal mengenai keberadaan dan tengah berputarnya perubahan warna zaman. Hal ini berkenaan dengan postur perpindahan setting ke-kami-an dan ke-kita-an kelompok sosial, mengiringi terbentuknya ragam komposisi dan konfigurasi zona baru kemasyarakatan, kebangsaan, dan kenegaraan di tingkat tatanan perilaku makro-sosial; atau dapat pula merupakan gambaran tengah terjalinnya perubahan kontekstual –real-self dan ideal-self– dalam   struktur dan dinamika kepribadian perseorangan di tingkat tatanan perilaku mikro-individual.

Seusai bergulirnya suatu konflik, seringkali terjadi pemilahan peran maupun posisi baru antar individu atau antar kelompok kepentingan, yang nampaknya berbeda jika  diperbandingkan dengan setting psikososial saat sebelumnya. Pemilahan peran maupun posisi tersebut dapat terjadi melalui kewajaran proses menghantarkan dorongan bawah sadar yang saling berbenturan tak terkendalikan atau melalui serangkaian manuver ‘adu domba’ yang sengaja direkayasa.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close