People Innovation Excellence

Mensiasati Konflik Kebangsaan Indonesia [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada dasarnya, konflik yang ada di hadapan kita tidak selamanya mengandung sisi negatif saja. Ada kemungkinan konflik tersebut justru membawa kita pada perubahan sosial tertentu yang positif dan bermanfaat. Misalnya saja, konflik kemiliteran antara pihak Sekutu di bawah pimpinan Amerika Serikat dengan pihak Jerman, Italia, dan Jepang, yang memicu lahirnya Perang Dunia ke-II, justru mendorong terurainya ruang publik di tingkat nasional bagi berkumandangnya Proklamasi di Bumi Nusantara, melahirkan negara Republik Indonesia yang berdaulat penuh di atas tanah tumpah darah Ibu Pertiwi.

Begitu pula, di tingkat internasional, konflik ekonomi yang berkepanjangan semenjak Revolusi Industri di abad ke-18 antara kaum Kapitalis-Liberalis dengan kaum Sosialis-Komunis, diakhiri dengan pudarnya Jerman Timur dan bersatunya kembali dengan Jerman Barat, pecahnya Uni Soviet dibarengi dengan munculnya negara-negara baru yang demokratis di Eropa Timur-Selatan, berlakunya mata uang Euro di Eropa Barat, dan seterusnya berlanjut pada impian negara-negara Barat dalam meniti pergantian zaman menuju abad Teknologi Informasi dan Komunikasi (ICT) di era Milenium, yang sekaligus pula melahirkan faham Globalisme yang bertumpu pada tiga pilar utama, yakni hak asasi manusia (HAM), demokrasi, dan kelestarian lingkungan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close