People Innovation Excellence

Mensiasati Konflik Kebangsaan Indonesia [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Hal tersebut dibarengi pula dengan perpecahan akibat ambisi para tokoh reformasi untuk tampil di gelanggang forum publikum selaku sang pemenang sehingga semakin memperburuk kinerja kelembagaan publik di Tanah Air kita. Krisis multidimensional yang berkepanjangan dari hari ke hari semakin menyentak frustrasi rakyat banyak, memperlebar diskrepansi persepsi kolektif antara harapan yang membumbung dibalik janji reformasi akan perbaikan nasib rakyat banyak dengan kenyataan keseharian yang semakin meprihatinkan, serta memuncaknya frustrasi dan agresi massa pada gejolak anarki.

Kelemahan manajerial pada kelembagaan publik di pemerintahan pusat dan daerah, mengakibatkan menggantungnya penyelesaian beragam problematika seputar salah satu janji lain dari reformasi, yakni aktualisasi perbaikan tingkat kesejahteraan rakyat. Situasi dan kondisi ini dikhawatirkan dapat membakar hati para tokoh non-formal, pemimpin adat, beserta penduduk asli maupun pendatang di berbagai wilayah geografis tertentu di tanah air untuk melakukan disintegrasi, melepaskan tali kebangsaan serta memaklumatkan kedaulatan teritorial baru.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close