People Innovation Excellence

Mensiasati Konflik Kebangsaan Indonesia [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tatkala setiap kelompok reformis merasa dirinya yang paling mampu untuk memimpin negeri, dengan tingkat persaingan yang tidak sehat diantara para tokoh-tokohnya, maka demi kesinambungan roda pembangunan nasional perlu segera dikembangkan model manajemen kelembagaan publik yang mengedepankan nuansa batin bercorak kolektif-kolegial-simbolik. Model tersebut membentuk kepemimpinan ‘gotong royong’ yang mengutamakan kesetaraan hubungan antar pribadi para tokoh yang terlibat dan menyiratkan keterwakilan dari beragam kelompok kepentingan dominan baik dari kalangan politisi, kemiliteran, agamawan, cendekiawan, maupun pebisnis.

Upaya rintisan membangun alam kebersamaan tadi diprediksikan dapat meredakan intensitas konflik multi dimensional, antar sesama kalangan reformis, pada era reformasi Indonesia dan globalisasi dunia kini. Menurunnya energi konflik dan ketegangan psiko-individual maupun psiko-sosial, dengan sendirinya akan meningkatkan sinergi kolektif dan daya rekat anak bangsa memperpendek dan meninggalkan suasana suram dari perilaku penuh ambiguitas ini sedini mungkin.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close