People Innovation Excellence

Mensiasati Konflik Kebangsaan Indonesia [Bagian 7/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam konteks tersebut, maka terbetik pemikiran agar upaya menjalin kebersamaan dapat dieksperimenkan terlebih dahulu pada lembaga eksekutif pemerintahan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah kebiasaan historikal yang selalu menempatkan karakteristik peran dan posisi Wakil Presiden sebagai figur tunggal –yang bertugas menggantikan Presiden bila berhalangan — menjadi kumpulan beberapa figur yang merepresentasikan simbolisasi akan hadirnya realitas persatuan, kekompakan, dan keterwakilan imajiner dari berbagai kelompok kepentingan dominan. Para Wakil Presiden tersebut akan bertugas menjalankan fungsi keperentaraan, yang menyalurkan aspirasi beragam kelompok anak bangsa dengan sang Presiden, maupun sebaliknya. Upaya tersebut bertujuan untuk mengurangi distorsi komunikasi dan bias persepsi yang dapat menyebabkan timbulnya konflik-konflik psikososial-individual yang bersifat kontra produktif dan menghambat proses pembangunan nasional.

Demi keberhasilan upaya tersebut, perlu adanya keberanian anak bangsa melakukan terobosan pemikiran strategikal, bahwa seusai Pemilu 2014 nanti, untuk pertama kalinya bangsa Indonesia memiliki seorang Presiden dan beberapa orang Wakil Presiden dari beragam kalangan, yang diharapkan dapat menyejukkan hati dan sanggup menumbuhkan kearifan akan makna filosofis akar budaya gotong royong nusantara, yang selama ini nampaknya telah terlupakan esensinya. Layakkah opsi ini kita wujudkan? Jayalah Reformasi!


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close