People Innovation Excellence
 

Perilaku dan Kinerja Organisasi [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Cara lain yang nampaknya tengah dieksperimenkan dan dirasakan lebih memadai untuk meredam meningkatnya agresivitas para pekerja yang semakin marak di era reformasi ini, adalah dengan berupaya membangun dialog kultural secara rutin antara pimpinan formal organisasi bersama pimpinan non-formal para pekerjanya, untuk urun-rembug bermusyawarah membahas berbagai langkah eksploratif-solutif/resolutif dalam upaya kolektif memecahkan beragam permasalahan yang ada di hadapan mereka. Tanpa upaya demikian, dikhawatirkan dari hari ke hari akan terjadi kesenjangan persepsi yang semakin melebar antara kalangan atasan dan bawahan, yang semata-mata lahir dari benturan antara budaya agraris –yang merupakan latar belakang kehidupan sebahagian para pekerja– dengan budaya industri –yang memayungi fondasi fisik-arsitektural, mekanisme teknologi dan sistem manajerial– sebagai sumber pemicu konflik yang menghantar memuncaknya eskalasi dorongan agresivitas komunitas para pekerja akhir-akhir ini. Perbedaan ini terletak pada penekanan nilai-nilai unggulan yang berseberangan antara kedua kultur tersebut, dimana kultur agraris lebih mengedepankan nilai afiliatif-komunalisme-etnikal, sedangkan kultur industri lebih mengagungkan nilai prestatif-individualisme-rasional.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close