People Innovation Excellence

Perilaku dan Kinerja Organisasi [Bagian 11]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Di berbagai forum seminar, baik nasional maupun internasional, acapkali muncul keluhan dan nada sumbang dari pihak asing, yang pada intinya menyatakan bahwa kinerja organisasi di Indonesia, dapatlah dikatakan tergolong sangat mengecewakan.

Secara jujur, kritikan seperti itu, memang dapat dirasakan kebenarannya di lubuk hati nurani kita. Tidaklah mengherankan dan merupakan kewajaran jika terjadi fenomena dan isu demikian, dikarenakan masih minimnya pengetahuan maupun pemahaman kita terhadap dimensi kejiwaan perilaku para pekerja. Akibatnya, di berbagai organisasi semakin bertumpuk ribuan kesalahan pendekatan dalam mengatasi kasus-kasus ke-psikologi-an yang berkenaan dengan tingkah laku para pekerja; yang pada akhirnya mengganggu dan menghambat tingkat produktivitas mereka.

Era reformasi, globalisasi, dan teknologi adalah sebuah episode yang memberi warna baru bagi tren zaman sekarang dan manusia Indonesia, baik para pengusaha, pimpinan, pekerja, serta anggota keluarga, juga tengah berkristal serta berproses menjadi sesuatu yang baru, yakni berupaya menemukan kembali jati diri eksistensialnya yang lebih relevan. Jika kita masih tetap saja terpaku di masa lalu, terfiksasi pada suatu periode kekuasaan yang sedemikan mengagung-agungkan proteksi berlebihan terhadap tataran manajemen, baik organisasi bisnis maupun publik, maka berarti kita tengah menggali lubang kubur sendiri – melawan deru sang waktu menentang sejarah zaman – sehingga tetap mengabaikan eksistensi para pekerja dan hal itu akan bermakna merintis jalan bagi keruntuhan organisasi karena ditinggalkan oleh para pekerja terbaiknya, yang hengkang ke lahan masa depan yang lebih menjanjikan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close