People Innovation Excellence

Perilaku dan Kinerja Organisasi [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Berdasarkan pengamatan pribadi selaku tenaga pendidik (faculty member) dan juga konsultan manajemen yang sering kali bersentuhan dengan berbagai fenomena dan isu yang berkenaan dengan permasalahan ringkihnya kualitas sumber daya manusia (SDM), ternyata realitas empiris di berbagai organisasi di Indonesia menggambarkan kecenderungan semakin menebalnya pola interaksi sesama pekerja yang masih berorientasi dan didominasi oleh kebiasaan buruk untuk saling bersiasat. Hal demikian terjadi, dikarenakan kurangnya perhatian dari para pimpinan terhadap para pekerja yang menjadi bawahannya, sehingga muncul kesan bahwa organisasi hanya bernafsu mengeksploitasi tenaga pekerjanya saja, dan kurang mempedulikan kebutuhan mereka. Disamping itu, minimnya perhatian tadi masih direcoki pula oleh hadirnya tindakan saling pilih kasih antara atasan (ordinate) terhadap para bawahannya (subordinate), semata-mata atas dasar kesamaan etnikal, eksklusivitas profesi atau pun ketertarikan seksual, yang kemudian semakin menyuburkan lahan ketidakpuasan afeksional, menyeret siklus keluar masuk para pekerja (labor turn over) yang tinggi serta menumbuhkan bibit percikan sikap negatif terhadap organisasi. Kesemuanya ini semakin mengentalkan tercetaknya pola interaksi bersandiwara diantara para pekerja – menjadi bagian dari kepribadian kolektifnya – sebagai suatu gaya hidup (life style) baru, yang juga mensimbolkan pemberontakkan terselubung dari ketidakpercayaan kolektif para pekerja kita.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close