People Innovation Excellence
 

Perilaku dan Kinerja Organisasi [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sebagai catatan, menarik pula kita perhatikan ilustrasi fenomena interaksional antara para pembantu rumah tangga dengan para majikannya di tengah-tengah keluarga, terutama pada saat mereka pulang secara berbondong-bondong ke kampung halamannya pada momen Hari Raya Idul Fitri. Analisis fenomenologi terhadap hal tersebut mensiratkan adanya upaya sifat bawah sadar para pembantu rumah tangga tadi untuk bersama-sama melakukan pemberontakan-eksistensial sesaat, secara kolektif dan terselubung, atas segenap perlakuan kolektif majikan mereka, yang selama ini dirasakan kurang berkenan terhadap dirinya, dikarenakan imbalan material maupun afeksional yang diperolehnya, dipersepsikan kurang proporsional dengan pengorbanan dirinya selama kepatuhan mereka bekerja melayani seisi rumah sepanjang hari. Ternyata, suasana bulan puasa dan tradisi saling maaf-memaafkan yang ada pada saat berlebaran, merupakan topeng ideal yang akan semakin menyempurnakan dan menyemarakkan pagelaran kolosal sandiwara kolektif para pembantu rumah tangga itu, untuk bersiasat dalam momen yang tepat, menghilang sejenak mudik ke akar budayanya demi kepuasan sesaat dalam mengukuhkan eksistensi mereka di belantara kota, yang nampaknya luput dari observasi kita selaku kepala keluarga.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close