People Innovation Excellence
 

Perilaku dan Kinerja Organisasi [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Selanjutnya dalam lingkup aktivitas suatu organisasi, ketika seorang pekerja berhadapan dengan atasannya, maka pada umumnya mereka akan merasa dirinya sebagai indvidu yang lemah, yang membutuhkan nafkah bagi keberlangsungan diri maupun keluarganya. Oleh karenanya adalah merupakan suatu kewajiban jika kemudian mereka merasakan ketergantungan pada para atasannya tersebut, apalagi jika dikaitkan dengan masih lemahnya perlindungan hukum terhadap hak-hak para pekerja ini, yang tentunya akan semakin menyuburkan perasaan ketidakberdayaan, ketidakpercayaan, dan bahkan ketidakpastian terhadap masa depan perjalanan karirnya di organisasi tempat mereka bekerja.

Dalam situasi yang serba ‘di bawah angin’ dan ketertekanan ini, tidaklah mengherankan jika muncul dinamika pola berinteraksi – sebagai upaya para pekerja dalam mengembangkan mekanisme pertahanan psikologis diri mereka – untuk saling bersiasat, saling curiga – mencurigai, saling mengawasi dan saling mengingkari kesalahan antar sesama pekerja. Cepat atau lambat, dalam pola interaksi seperti ini,  yang banyak dijumpai di berbagai organisasi di Indonesia baik bisnis maupun publik, tentu saja mampu menggoyahkan tumbuhnya sendi-sendi kerjasama konseptual maupun operasional yang sehat dan bermartabat diantara sesama para pekerjanya, yang sangat dibutuhkan bagi keajegan dan kemajuan organisasi tersebut. Dalam situasi demikian, kerjasama yang terjalin selama ini, antar para pekerja itu, sesungguhnya lebih bersifat semu, sehingga tidak mungkin mampu melahirkan sinergi, daya ungkit, produktivitas dan kreativitas yang penuh dan menyeluruh.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close