People Innovation Excellence

Perilaku dan Kinerja Organisasi [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada dasarnya, kerjasama yang terjalin dalam atmosfir kepura-puraan hanya akan berujung menghabiskan energi para pekerja saja, karena energi psikis yang tersedia justru dihambur-hamburkan terkuras tanpa bekas untuk sekedar menamengi saling kepura-puraannya tadi. Tidak jarang kita saksikan ‘sandiwara’ rapat di suatu organisasi yang berpura-pura mengambil keputusan-keputusan penting namun di kemudian hari tak pernah serius dijalankan, kepura-puraan mengkampanyekan visi dan misi organisasi yang sedemikian glamornya sehingga tak mungkin mampu direalisasikan, ataupun janji-janji manis di kalangan tim manajemen yang setelah diutarakan cepat menguap kembali untuk kemudian dilupakan. Hal-hal demikian, jika terus-menerus dibiarkan berkelanjutan, maka tanpa disadari akan menggiring semakin kendurnya genggaman rasa tanggung jawab kolektif pekerja, yang diiringi pula dengan lunturnya semangat rasa kepemilikan dan kecintaan terhadap organisasi tempat mereka berkerja.

Tabel sederhana di bawah ini mungkin dapat mengilustrasikan kaitan sebab-akibat dari pola interaksi bersandiwara sebagai berikut:

PENYEBAB

AKIBAT

Ketidakberdayaan

Kepura-puraan

Sikap negatif

Ketidaknyamanan

Egosentris

Isolatif

Saling curiga

Ekspresi terkekang

Pemborosan energi psikis


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close