People Innovation Excellence
 

Perilaku dan Kinerja Organisasi [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Berbeda halnya dengan suasana di negara-negara maju, seperti Amerika Serikat dan Jepang, dimana situasi lingkungan ketenagakerjaannya boleh dikatakan sudah berada ‘di atas angin’ dan terasa cukup menyenangkan, dikarenakan pada umumnya organisasi dikelola secara professional, hukum perburuhan berjalan dengan baik dan dapat diandalkan, serta serikat pekerjanya memiliki posisi tawar yang tangguh. Dalam situasi dan kondisi demikian, wajarlah jika tercipta pola interaksi para pekerja di lingkungan organisasi mereka, secara bersahaja serta apa adanya.

Relatif jarang dijumpai sesama pekerja yang saling bersiasat. Pengelolaan  dan kerjasama organisasi yang terjalin pun nampak sedemikian solid dan harmonis. Muncul kesadaran kolektif pekerja, bahwa bersiasat itu lebih proporsional jika ditujukan pada lingkungan eksternal organisasi, baik makro maupun mikro. Ke dalam lingkungan internal organisasi, para pekerja umumnya membangun ikatan batin kesetiakawanan yang kuat, keterbukaan serta saling bekerjasama secara positif agar melahirkan dampak sinergis yang teramat luar biasa dan produktivitas kerja yang mencengangkan. Maka tak heranlah kita, tatkala sejarahpun mencatat, tumbuh kembangnya organisasi di negara-negara maju, bak cendawan di musim hujan, yang diiringi pula dengan meluas pesatnya  penelitian dan pengembangan (litbang) maupun eksperimen lainnya demi mewujudkan impian mereka bagi penemuan-penemuan terbaru dan original di segala bidang kehidupan, yang kemudian menorehkan kemajuan peradaban.

Sebagai bahan perbandingan, dapat diilustrasikan dalam tabel sederhana kaitan sebab-akibat dari pola interaksi bersahaja, sebagai berikut:

PENYEBAB

AKIBAT

Kepastian

Keterbukaan

Wawasan

Kerjasama

Kepercayaan

Kebersamaan

Akal sehat

Kenyamanan

Kebebasan berekspresi

Penghematan energi psikis


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close