People Innovation Excellence
 

Perilaku dan Kinerja Organisasi [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sayangnya, di masyarakat belahan negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, terbetik anggapan bahwa kemajuan organisasi di negara-negara maju tercipta berkat anugerah melekatnya tingkat kecerdasan mereka yang relatif tinggi. Namun, jika mengacu pada pandangan teoritikal psikologi, maka rata-rata ukuran kecerdasan potensial manusia (O-IQ), di belahan bumi manapun, dianggap tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Ketimpangan yang mencolok mungkin justru terletak pada berkembangnya tingkat kecerdasan aktual (IQ) yang lebih terasah di sana, dikarenakan manusia di negara-negara maju telah terbiasa bekerja dengan konsentrasi penuh, fokus, berorientasi pada masa depan, dan memegang teguh komitmen profesi, serta bersahaja dalam berinteraksi, tanpa perlu berpura-pura, bersandiwara, berakting di setiap saat dan tempat.

Untuk lebih mudah memahami tingkah laku para pekerja ini, Mc Gregor, seorang peneliti psikologi, telah mecoba memformulasikan profil perilaku para pekerja ke dalam dua teori dasar, yang kemudian dikenal dengan sebutan Teori X dan Teori Y, sebagai berikut:

Teori X

Dalam pandangan teori X, manusia diasumsikan memiliki predisposisi berperilaku negatif terhadap pekerjaan, artinya dalam diri manusia itu senantiasa akan bertengger perasaan malas bekerja, sehingga oleh karenanya manusia harus senantiasa dipacu dan dipicu untuk mau bekerja dan diberikan sanksi jika melalaikannya. Di samping itu, manusia memiliki pula kecenderungan untuk menghindari diri dari beban tanggung jawab tertentu, sehingga mereka ini patut senantiasa dikangkangi dengan berbagai aturan, perintah dan segudang keharusan lainnya untuk menjalankan tugas-tugasnya. Di samping itu, manusia pada dasarnya merupakan makhluk yang lebih gandrung akan kepastian, ketimbang petualangan.

Teori Y

Dalam pandangan teori Y, manusia diasumsikan memiliki kecenderungan predisposisi berperilaku positif terhadap pekerjannya. Manusia adalah makhluk yang menyukai kerja keras, sama seperti kesukaan mereka untuk berekreasi, sehingga pemberian sanksi ataupun pengendalian yang ketat, bukanlah prioritas utama dalam upaya memacu ataupun memicu prestasi kerjanya. Manusia yang merasa bahwa pekerjaan yang tengah ditekuninya adalah pekerjaan yang ia sukai dan sesuai dengan harapan masa depannya, dengan sendirinya akan menuntun dirinya untuk bekerja keras dan serta merta berusaha meningkatkan prestasinya, diikuti pula akan keberaniannya dalam memikul tanggung jawab. Bagi para pekerja yang dikaruniai bakat yang besar, seringkali akan nampak lebih menonjol keterampilannya untuk mengatasi berbagai permasalahan pelik yang sekonyong-konyong mencuat tatkala mereka tengah menyelesaikan pekerjaannya itu.

Uraian teoritikal X dan Y diatas, hanyalah berfungsi sebagai acuan praktikal dalam upaya kita memahami tipologi perilaku para pekerja, karena pada dasarnya tidak ada manusia yang dapat secara menyeluruh dimasukkan ke dalam salah satu tipe tersebut. Patut dipahami, bahwa corak perilaku manusia yang unik, akan senantiasa bergerak diantara wilayah X dan Y dan oleh kerenanya penggolongan tipe perilaku para pekerja lebih ditekankan pada dominasi pembobotan prosentase perbandingan antara kriteria X dan kriteria Y.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close