People Innovation Excellence
 

Perilaku dan Kinerja Organisasi [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Patut dicermati disini, bahwa respons yang diperlihatkan seorang pekerja, bisa saja berbeda-beda tergantung dengan jenis permasalahan yang tengah dihadapinya dengan pengalaman masa lalunya. Namun yang dapat dijadikan pedoman bagi kita adalah totalitas prosentasenya, di tipe mana perilaku yang paling dominan muncul ke permukaan, sehingga dapat segera terlihat benang merah pola kecenderungan perilaku sang pekerja. Melalui serangkaian observasi rutin dan berkesinambungan terhadap respon pekerja dalam menanggapi berbagai permasalahan aktual organisasi, bolehlah dikatakan merupakan cara yang cukup handal dan akurat untuk menilai tingkah laku para pekerja, dikarenakan dalam menghadapi situasi sulitlah gambaran realitas perilaku para pekerja yang natural dapat terpantau secara objektif.

Secara khusus, fenomena agresivitas para pekerja Indonesia di era reformasi saat ini, sebagaimana yang sering terlihat melalui aksi unjuk rasa di berbagai organisasi, perlu rasanya ditinjau lebih jauh lagi.

Semenjak tumbangnya komunitas Orde Baru, yang dikenal lebih mengedepankan pendekatan represif dalam mengatasi berbagai konflik dalam organisasi (vertikal maupun horizontal) – sehingga membuat para pekerja serba takut mengemukakan aspirasinya – maka bersamaan dengan hal itu terjadi pula perubahan perilaku komunitas pekerja kita, yang semula serba pasif menjadi lebih agresif. Jika di masa Orde Baru, banyak organisasi akan segera meminta bantuan aparat keamanan untuk meredam agresivitas para pekerjanya melalui pendekatan koersif; maka kini, langkah seperti itu agak terasa sulit untuk dilakukan, mengingat iklim HAM dan berdemokrasi tengah tumbuh subur di Tanah Air kita.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close