People Innovation Excellence

Self Defeating Behavior [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Bergunjang-ganjing di sela-sela krisis multidimensional serta menjelang Pemilu 2014 di era reformasi akhir-akhir ini, telah menjadi kebiasaan yang melanda segenap lapisan masyarakat, bangsa dan negara Indonesia. Hampir tidak ada satu tema pun yang lepas dari pergunjang-ganjingan tersebut, baik pada aspek ekonomi, politik, hukum, etnis, ketatanegaraan, keamanan, ekologi, etika dan moral maupun keagamaan dan malahan juga aspek keperempuanan, seks, hingga ke permasalahan pribadi menyangkut perilaku orang lain.

Mencermati mengenai maraknya kebiasaan bergunjing perihal sikap dan kejelekan perilaku orang lain, maka di kalangan para praktisi psikologi di Uni Eropa pernah terlontarkan suatu pendapat yang menyatakan antara lain bahwa dalam diri manusia, baik selaku individu, kelompok, tim kerja ataupun organisasi, pada momen-momen tertentu siklus kehidupannya dapat dihinggapi sindroma yang lazim disebut sebagai Self Defeating Behavior, yakni suatu sindroma bawah sadar yang memunculkan kecenderungan bagi lahirnya dorongan berperilaku destruktif untuk menikmati perasaan kegembiraan ketika berhasil menggagalkan langkah prestatif orang lain ataupun mengabaikan terciptanya suatu momentum problem solving yang melintas dihadapannya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close