People Innovation Excellence
 

Self Defeating Behavior [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dorongan seperti ini biasanya muncul dan menghinggapi kelompok manusia yang pernah mengalami periode sukses berkelebihan (over-success) di rentang perjalanan kehidupan masa lalunya. Mereka ini, karena terbiasa memperoleh kesuksesan secara mudah dan instan sifatnya, sehingga acapkali menyepelekan keseriusan bekerja tatkala berupaya memecahkan berbagai permasalahan yang harus dihadapinya; bahkan mereka ini senantiasa beranggapan bahwa setiap permasalahan tentu akan terselesaikan dengan sendirinya. Anggapan demikian, yang sesungguhnya menyesatkan itu jika tidak cepat disadari, dikhawatirkan akan menimbulkan dampak kerugian yang sangat serius bagi keberlangsungan aktivitas dan kinerja individu, kelompok, tim kerja ataupun organisasi.

Seandainya kita menoleh pada perilaku organisasi di berbagai strata sosial masyarakat, maka akan sangat tampak dengan jelas, bahwa belakangan ini perilaku seperti itu ternyata banyak sekali ditampilkan di muka publik, terutama sekali di kalangan para elite-nya. Membiarkan saja perilaku yang demikian tumbuh subur berkembang secara kolosal, tentulah akan membawa akibat fatal, karena akan semakin memperlambat proses penyembuhan krisis multidimensi yang kebetulan tengah kita hadapi sekarang ini, bahkan dikhawatirkan akan bermuara mempercepat penyemaian proses disintegrasi bangsa di masa mendatang.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close