People Innovation Excellence

Self Defeating Behavior [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Oleh karenanya, untuk mencegah persebaran ataupun menghilangkan kecenderungan berperilaku Self Defeating Behavior tersebut, dapat kiranya diupayakan melalui proses penyadaran kognitif, baik secara individual maupun kolektif, secara sungguh-sungguh dan berkesinambungan. Namun demikian, upaya tersebut tidaklah akan bermakna jika dilakukan semata-mata untuk kepentingan seremonial belaka atau hanya sekedar kepentingan kosmetik psikologis semata.

Akar dari terbentuknya virus Self Defeating Behavior sudah dimulai sejak lebih dari 30 tahun lalu, dibawah kibaran bendera Orde Baru, kita selaku anak bangsa telah terbiasa hidup dalam suasana kepura-puraan, kehilangan keseriusan dan terperosok rutinitas menekan suara batin kejujuran demi membohongi diri sendiri dan juga orang lain, sehingga pada akhirnya kehilangan kemampuan bernalar untuk mengekspresikan diri secara total. Semua fenomena ini secara telanjang tercermin selama kurun waktu itu pada gaya berbahasa yang lazim dipergunakan secara populer dikalangan birokrat, pers, militer, agamawan, dan bahkan dikalangan para akademisi yang terpaksa melahirkan makalah-makalah ilmiah yang sarat dengan liku-liku penghalusan serta pengaburan makna kata yang dipresentasikannnya.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close