People Innovation Excellence
 

Self Defeating Behavior [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dampak yang paling mengenaskan dalam suasana demikian adalah hilangnya atmosfer kejujuran di arena pergaulan antar sesama manusia, berkembangnya siasat tipu muslihat untuk saling sikut menyikut, memudarnya dorongan berprestasi, raibnya transparansi dan inkonsistensi perilaku. Suasana seperti itu, tentunya ikut menyuburkan pula tumbuhnya kebiasaan memberikan informasi palsu agar orang lain terjerembab, tanpa perlu dilandasi oleh kepentingan yang jelas. Hal yang ingin diraih dari perilaku demikian, hanyalah sekedar menyaksikan individu, kelompok, tim kerja ataupun organisasi lainnya gagal total di dalam memecahkan suatu permasalahan tertentu dan remuk redam kinerjanya.

Mencermati fenomena dan isu yang demikian janggal namun toh dalam kenyataannya banyak dijumpai di hadapan kita, maka mau tak mau perlu direnungkan kembali upaya pencegahannya, antara lain melalui disusunnya program kampanye menumbuhkembangkan kebiasaan berkata secara jujur, apa adanya, tanpa perlu merasa sungkan. Tanpa keberanian bersama dari setiap individu, kelompok, tim kerja ataupun organisasi untuk memulai membangun kebiasaan berterus terang, tergerak menyebarkan virus kejujuran berbahasa dalam mengutarakan suatu pemikiran, maka sepandai apapun kita sebagai bangsa, pada akhirnya akan kehilangan kemampuan untuk meloloskan diri dari krisis sekecil apapun juga, apalagi krisis multidimensional yang berkepanjangan ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close