People Innovation Excellence

Mencermati Penyimpangan Perilaku Masyarakat Indonesia [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Suatu pengendalian sosial yang tepat bisa dilakukan dengan menciptakan situasi dan kondisi yang dapat mengubah sikap dan perilaku seseorang. Contoh sederhana, ketika para siswa tidak mau mengindahkan ketertiban sekolah dengan membuang sampah sembarangan, sebaliknya para guru dan kepala sekolah justru sering memungut sampah dan memberikan contoh membuang sampah pada tempat yang disediakan, dan hal ini sering disebut sebagai proses belajar terhadap model melalui imitasi dan identifikasi. Contoh lain,yakni ketika para siswa dan guru sering terlambat masuk sekolah, maka kepala sekolah justru seharusnya datang paling awal dan menunggu di pintu masuk gerbang sekolah.

Pengendalian sosial juga dapat dilakukan dengan cara penyampaian nilai, norma, aturan secara berulang-ulang. Penyampaian ini bisa dengan cara ceramah, pelatihan  maupun melalui media masa dan media sosial, tentang  nilai dan norma yang berlaku. Dengan cara demikian diharapkan nilai, norma dan aturan dipahami dan melekat pada diri individu anggota masyarakat.

Untuk dapat mencegah dan mengatasi penyimpangan dan penyakit sosial, maka bentuk-bentuk pengendalian sosial dapat dilakukan melalui cara–cara pemberian sangsi, teguran, pendidikan, pendekatan agama, pengucilan, dan melibatkan mediasi dari para profesional di bidang aktivis kemasyarakatan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close