People Innovation Excellence
 

Mencermati Penyimpangan Perilaku Masyarakat Indonesia [Bagian 11/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Sayangnya, media masa justru sering memperlakukan para pelanggar hukum seolah sebagai seorang selebriti lengkap dengan senyum dan lambaian tangan para tersangkanya. Namun KPK telah memperlakukan mereka lebih proposional, dengan dikenakannya pakaian khusus tahanan. Adanya cemoohan atau ejekan dari masyarakat, bisa membuat orang malu, sungkan, dan jera serta pada akhirnya akan  meninggalkan perilaku negatifnya.

Melalui pendidikan formal di sekolah, seseorang  akan belajar tentang nilai, norma dan aturan yang berlaku. Mereka bisa  dituntun dan dibimbing untuk berperilaku sesuai dengan nilai, norma dan aturan yang berlaku. Pendidikan ini bisa dilakukan di lingkungan keluarga, masyarakat maupun sekolah. Agama memiliki peran yang sangat besar dalam pengendalian sosial. Orang yang memiliki agama akan memahami bahwa melanggar nilai, norma dan aturan di samping ada hukuman di dunia juga ada hukuman di akhirat. Dengan pemahaman ini, maka seseorang akan terkendali untuk tidak melanggar nilai, norma dan aturan yang berlaku. Ajaran agama merupakan fondasi yang sangat penting untuk membangun generasi yang berakhlak mulia, sehingga mampu menghindari atau mencegah adanya peyimpangan perilaku.

Demikian pula, seseorang yang melanggar norma dan aturan sosial dapat dikucilkan oleh masyarakat. Dengan cara seperti ini orang akan berpikir berkali – kali apabila akan berperilaku yang melanggar dan tidak sesuai dengan nilai, norma dan aturan yang berlaku dalam masyarakat. Pengendalian sosial dapat dilakukan dengan cara meminta bantuan para pakar yang dianggap kompeten dalam mengatasi masalah tersebut, misalnya para konsultan psikologi, sosiologi, kriminologi dan  juga konsultan manajemen SDM yang piawai melakukan terobosan dibidang pemberdayaan manusia dalam masyarakat, atau dapat juga melibatkan pihak kepolisian, pengadilan dan lembaga adat.

Kepolisian adalah bagian dari lembaga eksekutif yang bertugas memelihara keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat serta wajib mengambil tindakan terhadap orang yang melanggar aturan dan undang – undang yang berlaku dalam wilayah suatu negara. Oleh karena itu lembaga kepolisian harus diperkuat integritas dan profesionalismenya. Dengan demikian orang yang melanggar keamanan, melanggar ketertiban, meresahkan ketentraman dan melanggar aturan akan diambil tindakan yang tegas dan tidak tebang pilih oleh pihak kepolisian. Selanjutnya para pelanggar hukum itu akan diproses sesuai dengan aturan dan hukuman yang berlaku.

Demikian pula halnya dengan lembaga pengadilan, dimana lembaga ini merupakan salah satu lembaga yang dibentuk oleh pemerintah untuk menangani, menyelesaikan, mengadili dan memberikan sanksi hukuman terhadap para pelanggar aturan. Siapapun yang melanggar aturan mestinya akan berhadapan dengan lembaga pengadilan dan mendapatkan hukuman yang adil.

Yang juga tak kalah pentingnya adalah menghidupkan kembali adat istiadat berupa aturan atau kebiasaan yang sudah melekat dengan baik secara turun temurun, yang tumbuh dari suatu masyarakat,  budaya dan tradisi daerah tertentu yang dianggap memiliki nilai dan harus dijunjung tinggi serta dipatuhi oleh para anggota masyarakatnya. Dengan adanya aturan dan sanksi dari adat maka pengendalian sosial dapat berlangsung dengan baik. Viva Keadilan dan kejujuran.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close