People Innovation Excellence
 

Mencermati Penyimpangan Perilaku Masyarakat Indonesia [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Terdapat banyak perbedaan teori yang membahas tentang apa yang  dimaksud tentang penyimpangan perilaku, diantaranya adalah dari sudut pandang biologis, psikologis, ekonomis dan sosiologis. Dalam konteks ini kita akan lebih menekankan pada sudut pandang psikologis dalam menjelaskan penyimpangan perilaku.  Asumsi  dasar  tentang penyimpangan perilaku  dari  semua  teori psikologi, umumnya  memiliki kesamaan. Pertama, individu adalah unit utama analisis dalam teori psikologi perihal penyimpangan perilaku. Dalam kaitan dengan aspek legal, maka masing-masing individulah yang  bertanggung jawab bagi setiap  tindak pidana atas  penyimpangan perilaku tersebut. Kedua, kepribadian  seseorang adalah elemen motivasi utama dalam memicu perilaku seseorang. Ketiga, para penjahat yang dianggap berperilaku menyimpang  dipandang sebagai penderita lemahnya kepribadian. Dengan kata lain, perbuatan jahat yang dilakukan oleh seseorang  bisa merupakan akibat dari proses mental yang abnormal, disfungsional, atau lemahnya kepribadian seseorang. Pada gilirannya  proses mental yang rusak atau abnormal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk pikiran yang tidak waras, pembelajaran yang tidak pantas, pengkondisian yang tidak benar, dan tidak adanya kehadiran model  yang tepat dan pantas untuk dijadikan panutan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close