People Innovation Excellence

Mencermati Penyimpangan Perilaku Masyarakat Indonesia [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Berbagai Jenis kemunafikan dan penyimpangan tersebut dapat berubah menjadi  kebiasaan  dan secara  sosial akan menular, sehingga masyarakat dijangkiti virus penyakit menular yang kronis tanpa menyadarinya. Perubahan lingkungan sering melibatkan faktor tradisi ke dalam konflik  kepentingan kelompok. Suatu  suku yang kurang beradab akan berimigrasi ke daerah di mana hewan totem adalah satu-satunya sumber makanan, akan  mengembangkan sebuah upacara untuk menghalalkan dalam  membunuh dan memakan hewan ini. Banyak koruptor yang bulak balik ke majelis dzikir atau melakukan perjalanan umroh agar harta haram yang didapatnya tidak menjadi sumber konflik antagonisme.  Simbolisme dan rasionalisasi sering digunakan untuk menyembunyikan fakta dalam masyarakat kita  dewasa ini, sehingga perbuatan tercela berkesan menjadi kesalehan. Tekanan sosial atas individu telah mencapai titik tertinggi, yang  telah  melampaui batas-batas  aman manusia khususnya dalam menjaga kepentingan dan keseimbangan kehidupan kelompok.  Melemahnya kendali keluarga, penegakan hukum dan menguatnya  histeria politik;  akan menuntut pelepasan  represi neurotik  dengan cara  apapun.

Penyesuaian konflik dalam diri seseorang merupakan suatu unsur yang sangat diperlukan dalam kemajuan sosial dewasa ini. Untuk menentang kekuatan negatif yang kuat, maka kita harus memiliki kekuatan positif yang paling tidak sama kuatnya.  Penyesuaian konflik dalam diri individu merupakan suatu unsur yang sangat diperlukan dalam kemajuan sosial, tanpa harus mengikuti pola dan langkah-langkah yang keliru, sebagaimana sering didemonstrasikan dewasa ini di negara Indonesia yang kita cintai ini.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close