People Innovation Excellence
 

Penerapan Etika Bisnis di Indonesia [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Disamping itu, cukup banyak pula akademisi yang mempersepsikan etika sebagai tuntunan yang bersumber dari budaya atau sistem nilai tertentu yang dijadikan pedoman dalam membangun suatu peradaban, kemaslahatan umat, dan pengkondisian tahap-tahap kedewasaan suatu masyarakat. Artinya, jika perilaku berbisnis kemudian dikaitkan secara kontekstual dengan makna etika, maka mau tak mau, aktivitas bisnis pun akan bermakna holistik sebagai salah satu pengejewantahan perilaku sosial bersama, ke-kita-an, untuk menuju cita-cita kolektif bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat, dimana kesemua pemahaman ini secara tidak langsung mengarah pada terbentuknya perasaan akan tanggung jawab sosial. Hal ini tentu saja dimungkinkan demikian, mengingat antara etika dan tanggung jawab sosial pada dasarnya merupakan “dua belah sisi dari satu mata uang yang sama”.

Oleh karenanya, dalam setiap perbincangan akademik mengenai etika bisnis sudah pasti terkandung pula bobot penjabaran etika sosialnya. Bahkan lebih jauh lagi, etika bisnis pada akhirnya merupakan subsistem sosial dari peradaban suatu masyarakat. Kiranya sudah menjadi keniscayaan sejarah, bahwa di setiap lini bisnis apa pun dianjurkan tidak lagi semata-mata memfokuskan dirinya hanya sekedar mencari laba semaksimal mungkin bagi organisasi bisnis, tetapi patut pula memikirkan tujuan-tujuan personal dari para pekerja yang selama ini telah berkarya mendedikasikan dirinya; bahkan dalam konteks yang lebih luas lagi ikut mendarmabaktikan kiprahnya bagi pembangunan masyarakat yang ada di seputar organisai bisnis. Mencermati pemaknaan ini, rasanya tidak ada batasan yang lugas antara etika bisnis dan tanggung jawab sosial.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close