People Innovation Excellence
 

Penerapan Etika Bisnis di Indonesia [Bagian 5/Selesai]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Boleh dikatakan problematika etika bisnis, dari yang berskala kecil hingga berskala besar, tidak saja mencuat di bumi nusantara, tetapi nyatanya di berbagai belahan dunia pun masih sering dijumpai praktik-praktik berbisnis yang mengabaikan tanggung jawab sosial. Dan seiring perjalanan waktu, nampaknya fenomena atau isu-isu mengenai etika bisnis pun berubah-ubah pula tematiknya. Jika sebelumnya, problematika etika bisnis berkutat pada fenomena atau isu-isu seputar diskriminasi ras dan gender, pekerja di bawah umur, kesenjangan upah dan gaji, pengingkaran hak cuti, pemutusan hubungan kerja, jaminan hari tua, objektivitas penilaian prestasi kerja; maka di masa-masa mendatang isu-isu tersebut akan terus bergeser tekanannya ke tema-tema yang menyangkut kelestarian lingkungan hidup, keamanan produk, kesehatan dan keselamatan pekerja, kerahasiaan informasi, pelanggaran hak cipta, kemiskinan global, community development, dan besaran penguasaan kepemilikan yang diperbolehkan.

Di Indonesia sendiri, kecenderungan penerapan etika bisnisnya saat ini – sebagaimana yang sering dilaporkan oleh media massa – memang kian terasa menyedihkan, dikarenakan masih lemahnya moralitas para pengusaha kita, yang dibarengi pula oleh carut-marutnya perundang-undangan dan hilangnya wibawa aparat penegak hukum dikarenakan citranya kerap tercoreng perilaku koruptif. Jika keadaan demikian terus menerus dibiarkan berlarut-larut tanpa terkesan ada upaya serius, konsepsional, dan konsisten untuk segera memperbaikinya, boleh jadi dapat diprediksikan “secepat kilat” hanya menghantar negeri ini terjerembab ulang tanpa jalan pulang, yakni : semakin pendek “tarikan nafas” kehidupan perekonomiannya sekaligus terbuka kemungkinan luas menjadi amat terkucilkan kiprah para pelaku bisnisnya dari ajang pergaulan kaum investor dunia.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close