People Innovation Excellence

Penerapan Etika Bisnis di Indonesia [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Ironisnya dalam menempuh perjalanan hidup dan kehidupan ini, jarang di antara kita yang menyadari bahwa kecurangan-kecurangan yang dilihat seseorang atau sekelompok orang semenjak kecil bisa berpengaruh besar mendatangkan pemicu bagi lahirnya kecenderungan dirinya atau kelompoknya untuk melakukan pelanggaran etikal atau bahkan berperilaku kriminal, termasuk menodai etika berbisnis yang akhirnya justru menyengsarakan dan menimbulkan kerugian finansial berskala besar bagi banyak orang.

Untuk lebih memahami hakikat dari etika bisnis ini, ada baiknya kita telusuri dahulu pengertian kedua kata tersebut. Etika, lazim dimaknai sebagai suatu konsepsi nilai-nilai tentang perilaku benar dan salah, atau baik dan buruk, yang diterima secara ke-kami-an maupun ke-kita-an oleh suatu masyarakat dalam kurun waktu tertentu. Dengan demikian, etika akan menuntun kita untuk terus-menerus memberikan penilaian mengenai perilaku diri sendiri dan atau orang lain, apakah termasuk bermoral atau tidak.

Disadari ataupun tidak, nilai-nilai etikal yang dianut itu, baik secara langsung ataupun tidak, akan ikut pula membingkai terjalinnya beragam pola dan proses interaksional antar individu atau antar kelompok. Adapun kemunculan etika itu sendiri terbentuk dan bersumber dari perpaduan insight agama, budaya asal, pendidikan keluarga, tren lingkungan pergaulan, tipe pekerjaan, jenjang pendidikan formal, peniruan figur idola, maupun hasil renungan-renungan otodidak dari berbagai sumber bahan bacaan. Sedangkan perihal bisnis itu sendiri, bisa dimaknai sebagai sekumpulan aktivitas manusia dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menghasilkan dan mendistribusikan barang dan/ atau jasa guna memenuhi kebutuhan masyarakat.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close