People Innovation Excellence

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Di negara-negara penganut sistem pasar bebas, kegiatan bisnis telah memainkan peran kunci dalam memenuhi kepuasan berbagai kebutuhan manusia. Para pelaku bisnis – termasuk para pelaku usaha kecil dan menengah –  dituntut kemampuan untuk menggabungkan berbagai faktor produksi, berupa kewirausahaan, sumber daya alam, tenaga kerja dan modal yang tersedia  untuk memastikan efektivitas dan efisiensi bisnis, baik dalam rangka menciptakan  keuntungan maupun  untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat.

Pengetahuan bisnis adalah cabang khusus dari ilmu pengetahuan. Setiap ilmu pengetahuan harus memiliki  obyek penelitian sebagai prasyarat untuk sistematisasi wawasan ilmiah. Dalam kaitan ini, muncul dua pertanyaan, pertanyaan pertama menyinggung tentang apa yang harus diamati dan dipelajari. Pertanyaan kedua, dari sudut pandang mana observasi dan studi akan dilakukan. Oleh karena itu, kegiatan bisnis, adalah obyek studi penelitian manajemen bisnis, sehingga manajemen bisnis merupakan asimilasi sistematis wawasan ilmiah dengan tujuan memaksimalkan tingkat pengembalian atau keuntungan. Manajemen bisnis dapat digambarkan sebagai ilmu yang memiliki keterkaitan dengan sistem pasar yang berorientasi profit, tentang bagaimana membangun bisnis, dan bagaimana mengelolanya dengan cara yang efektif dan efisien guna menjamin keuntungan bisnis yang maksimal.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close