People Innovation Excellence

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 11]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian, hanya sedikit wirausahawan memiliki semua faktor keberhasilan kunci yang telah diidentifikasi oleh para peneliti. Oleh karena itu kita lebih baik membahas esensi yang lebih penting ketimbang mempersoalkan karakteristik pribadi mereka. Melalui introspeksi dan evaluasi dirilah, seorang wirausahawan dapat mengenali apa kekuatan dan kelemahan pribadi mereka. Kekuatan dapat diterapkan secara positif dan kelemahan dapat diatasi oleh satu atau lebih hal sebagai berikut, yakni:

  • Mengikuti pengembangan pribadi;
  • Mengikuti kursus; dan
  • Menunjuk staf dan/atau tenaga ahli untuk mengimbangi kelemahannya.

Keterampilan, keahlian dan bakat wirausahawan, belum tentu menjamin sebuah organisasi bisnis yang sukses. Untuk memastikan keberhasilan dalam bisnis maka  karakteristik bisnis dan keterampilan manajemen sangat diperlukan. Seorang dekorator interior yang sukses harus memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bahan, gaya furnitur dan penggunaan ruang. Pengetahuan tentang berbagai produsen dan produk serta berbagai pelayanan juga penting. Mereka juga harus peka tentang  artistik dan memiliki kreativitas, serta  memiliki kepekaan akan nuansa warna dan dimensi dalam rangka untuk memberikan ruang selera. Inilah yang dimaksud dengan keahlian dan bakat seseorang. Dekorator interior juga harus mampu menjalin hubungan antar manusia yang sehat, karena ia akan terus berhubungan dengan orang lain, seperti para pelanggan, para pekerja, pemasok dan masyarakat ketika barang dan/ atau jasa organisasi tersebut dipasarkan. Mereka harus pandai memastikan bahwa wirausahawan akan menggunakan keahlian dan bakat mereka untuk memberikan pelayanan terbaik pada para pelanggan, pada gilirannya hal inilah yang akan menjamin keberhasilan organisasi bisnis mereka. Ini adalah contoh dari karakteristik pribadi yang penting yang perlu ditampilkan oleh wirausahawan sukses. Karakteristik pribadi berikut lainnya juga perlu diperhatikan:

 

  • Ketekunan

Wirausahawan memiliki keyakinan terhadap diri sendiri dan organisasi mereka untuk terus  melanjutkan kelangsungan usaha mereka meskipun kemunduran, situasi sulit dan masalah menghadang mereka. Mereka akan dituntut untuk membuat keputusan segera, akan tetapi juga dapat melatih kesabaran sampai tugas telah selesai dan tujuan telah tercapai. Mereka tidak berkecil hati ketika mereka membuat kesalahan atau gagal;

  • Komitmen

Wirausahawan perlu mendedikasikan semua kemampuan, keahlian dan sumber daya mereka untuk membangun dan mengembangkan organisasi bisnisnya. Mampu membuktikan komitmen mereka, misalnya dengan:

  • menggunakan uang mereka sendiri untuk kepentingan organisasi;
  • mengambil hipotek atau surat berharga lainnya;
  • bekerja berjam-jam demi keberhasilan organisasi;
  • bersedia menjalani standar hidup yang lebih rendah; dan
  • bahkan hanya mendapatkan sedikit atau menunda penghasilan dari organisasi yang ditekuninya;
  • Keterlibatan

Wirausahawan secara pribadi  harus terlibat dalam organisasi dan menyadari sepenuhnya semua yang terjadi di semua tingkatan dan di semua bagian dari organisasi bisnis. Mereka melakukan tugas dan berkomunikasi dengan staf dan orang lain yang terlibat dalam organisasi, seperti pemasok dan pelanggan. Contoh tentang seorang dekorator interior tadi akan mengingatkan kita tentang pentingnya keterlibatan pribadi dalam organisasi;

  • Berani mengambil risiko

Pengambilan risiko perlu diperhitungkan, artinya  bahwa risiko yang berkaitan dengan peluang bisnis tidak boleh terlalu besar, karena  peluang sukses bukanlah di tangan wirausahawan semata, lagi pula mereka bukanlah seorang penjudi. Namun, tingkat risiko tidak boleh terlalu rendah, karena hal ini  tidak akan  menimbulkan tantangan dalam hal memanfaatkan peluang,  sehingga peluang untuk meraup tingkat  keuntungan pun menjadi terbatas;

  • Mengembangkan Keterampilan

Dalam diri seorang wirausahawan jangan pernah meremehkan kekuatan sendiri untuk tetap bersedia berubah dan memperbaiki diri sendiri. Keterampilan kewirausahaan terkait dengan kompetensi personal dan interpersonal seseorang yang perlu ditampilkan dalam perilaku mereka. Keterampilan kewirausahaan bukanlah melulu sebagai faktor bawaan yang tidak dapat diubah lagi sebagai mitos tradisional yang harus dipercaya. Penelitian telah membuktikan bahwa orang dapat mengubah karakteristik tertentu yang sebelumnya dianggap sebagai genetik, dan bahwa mereka memiliki lebih banyak kebebasan untuk berbuat dan  menemukan peluang dalam lingkungan mereka. Pengetahuan bisnis dan keterampilan manajemen merupakan indikasi seberapa baik seorang wirausahawan dapat melakukan tugas-tugas penting dan kegiatan yang berkaitan dengan delapan fungsi bisnis, yakni:

  • fungsi manajemen umum;
  • fungsi operasi;
  • fungsi keuangan;
  • fungsi pembelian;
  • fungsi sumber daya manusia;
  • fungsi pemasaran;
  • fungsi administratif; dan
  • fungsi hubungan eksternal.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close