People Innovation Excellence

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 12]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Contoh tugas-tugas penting yang berkaitan dengan ke delapan fungsi  tersebut diatas adalah antara lain: riset pasar, periklanan, deskripsi kerja, penganggaran dan rencana bisnis. Adalah penting untuk diingat  bahwa keterampilan kewirausahaan tanpa disertai pelatihan dalam keterampilan bisnis tidak akan menjamin hasil yang optimal. Sebuah kombinasi dari mengembangkan keterampilan kewirausahaan dengan  pelatihan bisnis akan paling efektif dalam mempersiapkan dan mengembangkan wirausahawan untuk meraih sukses.

Melalui penelitian yang luas, McClelland  telah mengidentifikasi tiga kategori kompetensi, yang berkaitan dengan keterampilan kewirausahaan yang mengakibatkan mereka lebih  sukses ketimbang yang lainnya, yakni:

  1. 1.     Proaktif

Sikap  proaktif dicirikan  oleh kemampuan untuk mengambil  inisiatif dan sikap tegas. Wirausahawan yang proaktif akan melakukan hal yang  belum diminta atau dipaksa untuk langsung menghadapi suatu masalah. Wirausahawan dengan karakteristik demikian  akan cenderung untuk memimpin dan akan memberitahukan pada orang lain apa yang segera harus dilaksanakan.

2.     Berorientasi pada prestasi

David McClelland yang telah meneliti bidang kewirausahaan, mengidentifikasi kebutuhan untuk mencapai prestasi sebagai karakteristik kewirausahaan yang  berkorelasi dengan keberhasilan, disamping adanya motif kuat atau keinginan untuk memulai dan memperluas usaha. Hal ini juga didukung oleh hasil penelitian dari Hornaday dan Aboud yang menegaskan bahwa kebutuhan yang tinggi untuk mencapai prestasi adalah faktor psikologik yang paling penting yang mempengaruhi keberhasilan kewirausahaan.

Orientasi berprestasi adalah kebutuhan seseorang untuk melakukan hal-hal yang lebih baik, lebih cepat dan lebih efisien. Seseorang  dengan orientasi prestasi  yang tinggi akan  berperilaku sesuai dengan tuntutan kriteria wirausahawan yang  sukses sebagai  pebisnis yang rasional, yaitu:

  • Mereka akan merencanakan dan mengatur kehidupan mereka dan menunjukkan kepedulian  tentang penggunaan waktu, artinya mereka cenderung untuk memaksimalkan kemungkinan mencapai sukses dengan menetapkan tujuan yang belum dicapai dan menantang, serta menunjukkan tekad dan kegigihan dalam mengejar tujuan mereka;
  • Mereka akan melakukan pekerjaan   lebih baik secara signifikan ketika mereka mendapat umpan balik positif dan mengetahui seberapa baik respon yang harus mereka lakukan;
  • Mereka memikul tanggung jawab pribadi terhadap masalah yang muncul dan mencari solusi kreatif agar mengalami rasa kepuasan atau berprestasi dari penyelesaian suatu tugas;
  • Mereka tidak akan mendukung suatu tugas yang tingkat keberhasilannya tergantung pada faktor keberuntungan atau  suatu keadaan di luar kendali rasio mereka;dan
  • Mereka akan mampu mengekspresikan atau menyatakan diri, serta menunjukkan kepercayaan diri dan fleksibilitas dalam perilaku mereka.

3.     Kompetensi

Kompetensi seseorang dengan tingkat kebutuhan tinggi untuk berprestasi dapat dijabarkan  sebagai berikut, yakni:

  • Mereka akan lebih memilih  memikul tanggung jawab secara pribadi dalam memecahkan suatu masalah;
  • Mereka ingin menetapkan tujuan mereka sendiri;
  • Mereka ingin untuk mencapai tujuan mereka dengan usaha mereka sendiri;
  • Mereka senang mendapat umpan balik (kontra-prestasi) tentang tugas-tugas mereka untuk mencapai tingkat keberhasilan yang tinggi;
  • Mereka ingin mencapai rasa kepuasan pribadi dari pencapaian suatu prestasi;
  • Mereka ingin mengendalikan waktu sendiri karena mereka tahu bahwa waktu adalah sumber daya yang relatif terbatas;
  • Mereka menggunakan waktu dan uang secara kreatif;dan
  • Mereka meyakini bahwa apa yang mereka lakukan adalah benar untuk mencapai  cita-cita mereka.

Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close