People Innovation Excellence
 

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 2]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Secara kesan sepintas terdapat kesamaan antara disiplin ilmu manajemen bisnis dengan ilmu ekonomi, yaitu berupa  studi tentang kegiatan-kegiatan ekonomi guna memenuhi kebutuhan manusia. Namun, ketika dicermati lebih jauh tentang kedua ilmu tersebut  maka akan semakin terlihat bahwa tujuan keduanya berbeda. Seperti telah disinggung tadi, bahwa tujuan dari manajemen bisnis adalah keuntungan atau memaksimalkan tingkat pengembalian, sedangkan tujuan ekonomi adalah memuaskan kebutuhan manusia secara umum. Obyek studi ilmu ekonomi berfokus pada peristiwa ekonomi dalam perekonomian nasional secara keseluruhan (makro). Sebaliknya, fokusdari studi manajemen bisnis tertuju pada bidang yang jauh lebih kecil (mikro), yaitu tentang apa dan bagaimana membangun dan mengelola kegiatan bisnis dengan cara yang efektif dan efisien untuk menjamin keuntungan yang maksimal. Dengan demikian semakin jelas, meskipun manajemen bisnis telah berkembang dari ilmu ekonomi dan akuntansi, namun ia telah memiliki lingkup permasalahan dan obyek studinya tersendiri.

Sebagaimana diketahui, terdapat beberapa faktor produksi yang dapat diidentifikasi, diantaranya adalah, yakni:

  • Sumber Daya Alam

Sumber daya alam (flora,fauna dan fosil) yang  mengacu pada semua sarana yang disediakan oleh alam. Karakteristik sumber daya alam adalah bahwa sumber daya ini bersifat langka dan relatif terbatas. Contohnya adalah  minyak mentah, air, mineral dan lain sebagainya.

  • Modal

Selama berdirinya kegiatan bisnis memerlukan  modal untuk mulai beroperasi. Biasanya, modal ini didanai oleh para pemilik atau para investor yang menginvestasikan uang mereka dalam kegiatan bisnis.

  • Buruh

Tidak ada kegiatan bisnis yang dapat berfungsi tanpa manusia. Manusia memiliki pengetahuan, kemampuan fisik (teknik dan akademik), dan keterampilan untuk mentransformasikan bahan atau material menjadi  produk siap pakai, dan menambahkan aspek pelayanan dan  kewirausahaan.

  • Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah suatu proses melalui mana individu mencari sumber modal, termasuk tenaga kerja dan sumber daya alam dan menggabungkan kesemuanya  dengan faktor risiko yang terkait dengan penyediaan barang dan/atau jasa.

  • Pengetahuan

Secara tradisional, hanya ada empat faktor produksi yang dapat diidentifikasi. Namun, Peter Drucker menambahkan butir  kelima dari faktor produksi, yakni pengetahuan. Pengetahuan, sebagai butir kelima dari faktor produksi, muncul di era manajemen pengetahuan. Diakui oleh semua kalangan bisnis, bahwa teknologi informasi telah merevolusi kegiatan bisnis, sehingga menentukan akan pemenuhan  kebutuhan (needs), keinginan (wants) dan kemauan (willingness) dengan lebih cepat dalam merespon  barang dan/atau jasa yang ditawarkan. Motif ekonomi adalah memenuhi kepuasan dan kesetiaan masyarakat melalui barang dan/atau jasa yang disediakan. Pemuasan tersebut dapat dipenuhi dengan faktor-faktor produksi yang langka dan relatif terbatas yang dikenal sebagai prinsip ekonomi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close