People Innovation Excellence

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

  1. Kapitalisme atau sistem pasar bebas (liberalis)

Kapitalisme dibangun di atas prinsip-prinsip kepemilikan pribadi. Dalam sistem ini permintaan dan penawaran barang dan/ atau jasa akan menentukan apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan/ atau jasa akan diproduksi. Dengan demikian, kapitalisme terbentuk didasari oleh  hak untuk membuat keuntungan, hak untuk bersaing, hak memilih  kebebasan dan hak untuk memiliki properti pribadi. Sistem kapitalisme didorong oleh mekanisme pasar dan menyerahkan solusi dan/atau resolusi permasalahan ekonomi suatu negara kepada kekuatan pasar untuk menyelesaikannya. Dalam hal ini, negara, individu, organisasi dan entitas lain dapat memiliki aset dan kewajiban. Permintaan dan penawaran barang dan/atau jasa beserta pelayanan akan menentukan harga atau tarif, kualitas dan kuantitas barang dan/ atau jasa yang diberikan dengan  entitas yang berbeda. Dalam sistem tersebut, setiap orang memiliki hak dasar untuk membuat keuntungan dari  barang dan/ atau jasa berserta pelayanan dimana harga akan  ditentukan oleh permintaan dan penawaran. Dalam sistem tersebut terdapat persaingan bebas sejalan dengan undang-undang yang dianut negara masing-masing, dimana para konsumen memiliki kebebasan untuk memutuskan barang dan/atau jasa apa yang mereka beli dan berapa  harga yang  mereka siap bayar. Menurut asas kebebasan  setiap orang diberi keleluasaan memilih pekerjaan, menghasilkan, memberikan jasa atau membuat apapun yang diinginkan. Setiap orang  dapat membeli, menggunakan dan makan apa saja yang mereka mau dan sukai. Setiap orang dapat menghabiskan atau menyimpan uang sesuai  hukum negara yang berlaku. Para pengusaha  atau  pemilik dapat menunjuk dan mengangkat kalangan manajemen. Pada gilirannya, manajemen akan memutuskan apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan/ atau jasa diproduksi sesuai dengan permintaan yang ada. Angkatan kerja memiliki pilihan bebas dimana mereka ingin bekerja dan untuk apa upah atau gaji mereka dipergunakan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close