People Innovation Excellence
 

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 5]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

2. Komunisme atau sistem  pengendalian terpusat

Komunisme terbentuk didasarkan pada ide-ide Karl Marx dan Friedrich Engels. Prinsip yang mendasari sistem ini adalah bahwa semua aset harus berasal dari sekumpulan orang. Artinya, semua orang harus bekerja sekeras mungkin yang pada gilirannya akan menerima barang dan/ atau jasa. Meskipun teori ini tampaknya menarik, namun kelemahan besar dari sistem ini adalah bahwa negaralah yang memutuskan hal terbaik untuk rakyat. Dalam hal ini negara  akan mengumumkan kepada rakyatnya tentang  apa yang harus dilakukan dan bagaimana mereka melakukannya. Dalam sistem komunis negaralah yang memecahkan masalah ekonomi dan mengambil semua keputusan mengenai barang dan/atau jasa beserta pelayanan yang akan diberikan. Semua aktiva atau aset dan kewajiban adalah milik negara sehingga tidak ada motivasi bagi warga negara untuk membuat keuntungan. Dikarenakan negara yang memiliki semua entitas produktif, maka  tidak ada persaingan diantara masing-masing entitas tersebut didalam negara dengan sistem komunisme ini. Konsumen juga tidak punya pilihan, karena negaralah yang  menentukan harga barang dan/atau jasa. Negara mengontrol semua alat-alat produksi dan karena itu tidak ada kepemilikan dan keuntungan  pribadi. Meskipun negara juga menunjuk suatu kelompok manajemen, namun manajemen tidak membuat keputusan sendiri dan harus mengikuti pedoman dan arahan yang telah diberikan oleh negara. Negara adalah satu-satunya penyedia kesempatan kerja, sehingga akan menentukan peluang kesempatan kerja serta besaran upah atau gaji  yang diberikan kepada tenaga kerja atau buruh.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close