People Innovation Excellence
 

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 6]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

3. Sosialisme dan sistem campuran

Sosialisme adalah sistem politik dan ekonomi, sebagaimana halnya kapitalisme, yang berorientasi pada pasar. Suatu sistem sosialis memiliki karakteristik yang dipengaruhi oleh kedua sistem besar, yakni sistem kapitalis dan komunis. Dalam kebanyakan kasus, negara memiliki dan mengendalikan faktor-faktor produksi yang paling penting dan karenanya mengontrol kegiatan produksi dan sumber daya yang paling penting pula. Hal ini biasanya mencakup industri primer seperti baja, minyak, emas dan batubara. Negara memainkan peran penting dalam menentukan alokasi atau relokasi faktor-faktor produksi, baik barang yang akan diproduksi maupun pendistribusiannya. Beberapa kepemilikan bebas oleh pihak swasta, bagaimanapun tetap diperbolehkan. Para pekerja dalam industri yang dikendalikan oleh negara tidak memiliki motivasi untuk membuat keuntungan dan harga yang telah ditentukan oleh negara. Sementara sebagian orang yang melakukan usaha sendiri dapat membuat keuntungan dan menentukan  harga barang dan/atau jasa mereka didasarkan pada penawaran dan permintaan produk beserta pelayanan tersebut. Tidak ada persaingan antara organisasi yang dikendalikan oleh negara dengan harga dan kualitas produk  yang relatif stabil. Namun di sisi lain, terdapat persaingan diantara organisasi swasta dimana konsumen memiliki kebebasan memilih. Dalam BUMN negaralah yang membuat semua keputusan, sedangkan di organisasi bisnis milik swasta manajemenlah yang membuat keputusan. Individu dalam sistem sosialis juga memiliki pilihan bebas dalam bekerja; namun negara dapat mempengaruhi kesempatan kerja. Untuk menavigasi organisasi bisnis di lingkungan yang bergejolak seperti saat ini, akan dibutuhkan para manajer yang memiliki berbagai keterampilan dan kualitas pengetahuan. Bidang disiplin manajemen sedang mengalami revolusi yang menuntut agar para manajer dapat berbuat lebih banyak lagi yang melibatkan para pekerja untuk lebih mencermati faktor perubahan ketimbang hanya mementingkan stabilitas ansich, dengan menetapkan visi dan nilai-nilai budaya yang memungkinkan para pekerja dapat menciptakan tempat kerja yang benar-benar kolaboratif. Adanya tuntutan perbedaan antara kalangan manajer saat ini dan manajer masa depan telah mendorong para manajer untuk mengintegrasikan keterampilan manajemen yang solid. Bisnis yang sukses tidak terjadi begitu saja, melalui keterampilan dan ketekunanlah mereka berhasil menjadi seperti itu. Hampir setiap hari para manajer memecahkan masalah yang sulit, mengubah bisnis secara keseluruhan dan mencapai hasil yang sangat baik. Dalam hal ini, untuk menjadi sukses, setiap bisnis membutuhkan manajer yang terampil dan mumpuni.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close