People Innovation Excellence

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 7]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dunia bisnis adalah sistem yang kompleks yang merupakan perpaduan antara individu dan kegiatan bisnis, yang dalam ekonomi pasar, kesemuanya mengubah sumber daya yang terbatas menjadi barang dan/atau jasa dalam rangka memenuhi kebutuhan, keinginan dan kemauan yang relatif tidak terbatas dari setiap orang. Produk dan pelayanan ini ditawarkan ke pasar melalui pertukaran untuk mencapai keuntungan. Sumber daya, yang bisa juga disebut sebagai input dari suatu organisasi, adalah berupa sumber daya manusia, sumber daya keuangan, sumber daya fisik, sumber daya informasi dan kewirausahaan. Sumber daya manusia adalah sejumlah orang yang melakukan kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi, yang terdiri dari tenaga kerja terampil, semi terampil dan tidak terampil, baik dalam posisi  manajer ataupun bawahan. Sumber daya keuangan mengacu pada modal yang diperlukan untuk memulai bisnis baru, agar dapat menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan sukses dalam jangka panjang. Modal dapat berasal dari pemilik organisasi (seperti ekuitas pemilik) serta non-pemilik (seperti pinjaman dari bank, kreditur dan surat hutang). Sumber daya fisik mengacu pada bangunan, peralatan, pabrik perakitan, komputer, air, kendaraan dan sebagainya, yang diperlukan untuk melakukan kegiatan organisasi. Informasi adalah sumber daya berupa data pada lingkungan manajemen, yang diantaranya adalah  laporan keuangan tahunan dan sebagainya. Dan terakhiradalah kewirausahaan mengacu pada keterampilan khusus dan bakat untuk memulai sebuah usaha bisnis baru, agar mampu memperluas dan mengelola bisnis dengan sukses. Sumber daya organisasi atau input, harus ditransformasikan menjadi output tertentu. Hal tersebut termasuk pencapaian tujuan organisasi, pengiriman barang dan/atau jasa untuk memenuhi kebutuhan,keinginan dan kemauan pelanggan, pencapaian tingkat produktivitas tertentu,  dan mewujudkan keuntungan bagi semua pemangku kepentingan organisasi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close