People Innovation Excellence
 

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 8]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dalam rangka untuk mengubah input menjadi output, suatu proses akan diperlukan. Proses tersebut  pada dasarnya akan mengacu pada dua jenis proses. Pertama, proses transformasi fisik yang diperlukan dimana input secara fisik diubah menjadi barang dan/atau jasa. Kedua, proses manajemen yang diperlukan, yaitu tugas menggabungkan, mengalokasikan, mengkoordinasikan dan menggunakan sumber daya atau input sedemikian rupa sehingga tujuan organisasi tercapai secara efektif dan efisien.  Dengan ‘efisien’, artinya kita dapat menggunakan sumber daya secara bijaksana dan dengan cara yang hemat biaya. Dengan ‘efektif’, artinya kita dapat membuat keputusan yang tepat dan berhasil menerapkannya. Hal yang penting untuk dicatat adalah, bahwa di satu sisi, sumber daya yang tersedia dalam bisnis relatif terbatas dan langka dan di sisi lain, para pelanggan memiliki kebutuhan, keinginan dan kemauan yang relatif tidak terbatas. Tujuan bisnis juga bisa sangat menantang, yaitu menempatkan kepentingan yang lebih besar pada proses manajemen yang efektif dan efisien. Sumber daya yang diperlukan dalam bisnis sebagai input diambil dari lingkungan organisasi di mana fungsi bisnis berjalan. Demikian pula sebaliknya, output yang dihasilkan bisnis pada gilirannya diberikan kembali kepada lingkungan organisasi.

Dengan demikian suatu bisnis kemudian dapat dilihat sebagai suatu sistem yang saling tergantung, dimana input dari lingkungan diberikan kembali sebagai output terhadap lingkungan dalam bentuk barang dan/atau jasa, penciptaan lapangan kerja dan sebagainya. Selain itu, bisnis adalah suatu sistem terbuka karena tergantung pada lingkungan dimana ia beroperasi. Suatu bisnis merupakan suatu sistem yang saling tergantung yang terdiri dari berbagai sub-sistem. Setiap sub-sistem adalah sistem dalam sebuah sistem. Dalam konteks bisnis, bagian pemasaran, operasi dan keuangan misalnya adalah sebuah sub-sistem, tetapi kegiatannya dapat dilihat sebagai sistem tersendiri.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close