People Innovation Excellence

Pengetahuan Bisnis dan Keterampilan Manajemen [Bagian 9]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pendekatan sistem dalam manajemen menawarkan sebuah kerangka di mana berbagai sub-sistem dari suatu organisasi dapat dipelajari secara terpisah, namun secara keseluruhan kegiatan di salah satu bagian dari sebuah organisasi dapat mempengaruhi aktivitas di bagian lain. Menurut pendekatan sistem berpikir, para manajer akan memiliki tantangan untuk memadukan tujuan dan kegiatan  berbagai sub-sistem dalam bisnis, sehingga tujuan dari sistem secara keseluruhan dapat dicapai dengan baik, begitu pula sebaliknya tujuan dari satu sub-sistem tidak sampai merusak tujuan keseluruhan organisasi. Pendekatan sistem dalam suatu manajemen juga menyiratkan bahwa bisnis adalah suatu sistem terbuka yang memiliki hubungan khusus dengan lingkungannya. Dalam hal ini, manajemen perlu untuk merencanakan dan beradaptasi dengan setiap perubahan lingkungan bisnis. Saling ketergantungan antara bisnis dan lingkungannya mengarah ke hubungan yang kompleks antara bisnis dan lingkungannya, yang perlu dikelola dengan ekstra hati-hati.

Semua manajer terlibat dalam suatu kegiatan yang saling terkait  untuk mencapai tujuan bisnis yang diinginkan. Dan hal ini setidaknya memerlukan empat fungsi dasar manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan.

1.   Perencanaan

Perencanaan biasanya adalah titik awal dalam proses manajemen. Dalam bentuk yang paling sederhana, perencanaan berarti menentukan posisi masa depan bisnis dan memutuskan strategi yang diperlukan untuk mencapai posisi tersebut. Selama tahap perencanaan, visi, misi dan tujuan ditetapkan terlebih dahulu disamping sumber daya yang dibutuhkan untuk tugas tersebut.

2.   Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah langkah kedua dalam proses manajemen. Seorang manajer harus merancang dan mengembangkan sistem organisasi untuk melaksanakan rencana. Dengan demikian, mengorganisir dapat didefinisikan sebagai proses mendelegasikan dan mengkoordinasikan tugas serta mengalokasikan sumber daya untuk mencapai tujuan dan sasaran. Disamping itu mengembangkan kerangka atau struktur organisasi untuk menunjukkan bagaimana dan kapan orang dan sumber daya lainnya harus dikerahkan untuk mencapai tujuan. Keberhasilan bisnis terletak dalam mengarahkan sumber daya yang berbeda menuju pencapaian seperangkat tujuan.

3.   Memimpin

Seorang manajer harus memimpin para pekerja untuk melakukan tugas-tugas sehari-hari mereka. Memimpin adalah proses mempengaruhi para pekerja – sebagai  sumber daya manusia – agar dapat bekerja secara sukarela untuk mencapai tujuan. Manajer harus mengkomunikasikan tujuan organisasi kepada para pekerja dan memotivasi mereka untuk mencapai tujuan tersebut.

4.   Pengendalian

Tidak semua para pekerja melakukan hal yang mereka katakan. Dalam hal ini bisa saja tujuan organisasi tidak akan terpenuhi jika tidak ada proses tindak lanjut. Pengendalian adalah proses membangun dan menerapkan mekanisme untuk memastikan bahwa tujuan dapat tercapai. Suatu bagian penting dari pengendalian adalah mengukur kemajuan menuju pencapaian tujuan dan mengambil tindakan korektif bila diperlukan. Umpan-balik merupakan aspek penting dalam pengendalian yang berfungsi sebagai masukan dalam proses perencanaan. Untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, yaitu perencanaan, pengorganisasian, memimpin dan mengendalikan, maka para manajer memerlukan sejumlah keterampilan manajemen atau kompetensi.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close