People Innovation Excellence
 

Pentingnya Sekolah Berbasis Manajemen – Kewirausahaan [Bagian 1]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Baru-baru ini, masyarakat Indonesia sempat dikejutkan dengan merebaknya berita tentang kasus pelecehan seksual terhadap siswa dalam suatu sekolah yang selama ini dianggap sebagai sekolah prestisius yang berkualitas. Dari kasus ini, kita dapat memetik hikmah, bahwa orang tua perlu dibekali informasi dalam memilih sekolah yang berkualitas bagi anak-anaknya, paling tidak orang tua perlu mengetahui tentang bagaimana suatu sekolah yang dikelola dengan baik. Dengan bekal informasi yang dimilikinya, diharapkan orang tua dalam memilihkan sekolah bagi anak-anaknya, tidak hanya sekedar ikut-ikutan atau mengikuti mode yang tengah berkembang di masyarakat semata. Jika orang tua menginginkan kelak anaknya berhasil menjadi siswa yang cerdas dan mandiri, maka salah satu yang perlu dilihat adalah tentang praktik manajemen-administrasi apa dan bagaimana yang dikembangkan di sekolah tersebut.

Suatu penelitian menarik telah dilakukan oleh para pakar di bidang pendidikan untuk menguji hubungan dan kontribusi praktek kewirausahaan yang sukses dalam mengembangkan sekolah yang efektif. Terdapat ciri-ciri wirausahawan yang sukses, diantaranya keinginan untuk lebih unggul, tekad yang kuat, pengendalian diri yang baik, dan daya inovatif yang tinggi. Sementara yang dimaksud dengan karakteristik sekolah yang efektif meliputi komitmen, prestasi akademik, dukungan masyarakat, dan kualitas para lulusannya. Responden yang disurvei adalahpara administrator yang memainkan peran penting dalam manajemen untuk membentuk sekolah yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menggunakan kuesioner. Sampel penelitian melibatkan 180 administrator sekolah yang dipilih secara acak dari 72 sekolah. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara manajemen yang didasarkan pada karakteristik kewirausahaan yang sukses dengan pembentukan sekolah yang efektif. Sementara itu, fitur manajemen-kewirausahaan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan sekolah yang efektif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa praktek manajemen-kewirausahaan yang sukses dapat diintegrasikan kedalam gaya dan budaya  manajemen di suatu sekolah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close