People Innovation Excellence

Pentingnya Sekolah Berbasis Manajemen – Kewirausahaan [Bagian 10]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Oleh karena itu, disarankan agar pengelola sekolah , terutama untuk sekolah menengah atas (SMK) dapat mengadopsi praktik-praktik kewirausahaan sukses dalam tugas-tugas manajemen-administratif mereka. Secara umum, seorang individu yang memiliki sikap kewirausahaan, mampu bekerja keras dan memiliki semangat yang selalu ingin sukses, tidak peduli dengan bidang pekerjaan yang ditekuninya , apakah mereka adalah nelayan, guru, teknisi, administrator dan pedagang, mereka akan selalu berhasil dalam mengelola pekerjaan. Dalam rangka mencapai tujuan sekolah atau untuk membangun sekolah-sekolah , lembaga pendidikan  atau sekolah dianjurkan untuk belajar banyak dari praktik-praktik wirausahawan sukses . Para administrator sekolah adalah orang-orang penting di sekolah sehingga mereka harus menyadari potensi praktik wirausahawan sukses dari perspektif mereka sendiri untuk menciptakan sekolah yang efektif dan menggunakannya dengan cara sebaik mungkin dalam rangka memperbaiki kondisi manajemen-administrasi sekolah masing-masing. Para administrator yang mengadopsi praktik wirausahawan sukses akan dapat memanfaatkan pikiran, imajinasi dan intuisinya. Secara terus menerus mereka akan selalu melihat peluang yang tidak terlihat oleh orang lain, dan tidak pernah puas dengan kinerja rata-rata dan sering berusaha untuk mengubah arah melalui suatu perbaikan. Disamping itu, para administrator sekolah perlu diberikan pelatihan tentang praktik-praktik terbaik dari wirausahawan yang sukses melalui serangkaian program khusus dan pelatihan kewirausahaan agar dapat berfungsi dengan baik dalam mengelola lembaga pendidikan mereka. Dengan kata lain, sebagai individu atau kelompok, para administrator perlu bergerak maju dengan berpikir positif,  yaitu mampu mengadopsi praktik wirausahawan sukses terbaik dan memajukan pemikiran mereka dengan mengikuti program atau pelatihan yang akan memperkuat keterampilan kewirausahaan dan budaya mereka, dalam rangka menciptakan sekolah yang efektif .


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close