People Innovation Excellence
 

Pentingnya Sekolah Berbasis Manajemen – Kewirausahaan [Bagian 11]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Tidak hanya para administrator sekolah, pengelola sekolah lainnya seperti  pengawas sekolah, guru konseling, koperasi guru, guru  dalam bidang mata pelajaran  ekonomi dan bisnis, akuntansi dan tentunya juga kewirausahaan, dapat menerapkan praktik-praktik wirausahawan sukses terbaik, bersama-sama dengan para administrator sekolah untuk mencapai efektivitas sekolah serta keberhasilan pengajaran dan pembelajaran dalam kegiatan manajemen-administrasi kelas dan sekolah. Karena kesemua proses tersebut adalah suatu hal yang menantang , maka para administrator harus terus mendorong semua warga sekolah untuk terus memiliki sikap positif terhadap sekolah yang efektif. Tugas-tugas di sekolah sekarang sangat menantang dan kritis – segala cacat cela sekolah mudah tercium oleh kalangan media masa – sehingga sekolah  membutuhkan seorang pemimpin akademik yang kreatif dan inovatif serta efektif dalam mengorganisir sekolah untuk mencapai kinerja sekolah yang prima melalui upaya-upaya besar dalam manajemen-administrasi yang efektif.

Dibutuhkan penyusunan program, kegiatan pelatihan, dan program yang terstruktur dengan baik untuk memotivasi para guru atau tenaga pendidik dan masyarakat agar berhasil menerapkan praktik wirausahawan terbaik. Khusus untuk  sekolah dasar, menengah pertama atau atas diharapkan akan mencapai kinerja sekolah yang lebih baik dalam semua aspek sejalan dengan digulirkannya sekolah yang efektif. Praktik  wirausahawan sukses terbaik  dapat diterapkan di semua jenis pekerjaan , baik di bidang pendidikan, atau kewirausahaan itu sendiri, atau bidang lainnya, asalkan mereka memiliki perspektif yang baik dan sikap positif dalam berlatih. Dalam rangka untuk mendapatkan manfaat lebih dalam bidangnya masing-masing, maka para praktisi perlu membuat pergeseran paradigma dengan menerapkan praktik wirausahawan sukses terbaik dalam berurusan dengan pekerjaan mereka.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close