People Innovation Excellence

Pentingnya Sekolah Berbasis Manajemen – Kewirausahaan [Bagian 3]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Pada dasarnya, tujuan lembaga pendidikan atau sekolah adalah untuk memastikan efektivitas proses belajar mengajar, dan hal itu adalah wewenang dan tanggung jawab dari pimpinan sekolah untuk menciptakan dan memelihara suasana yang kondusif bagi kegiatan belajar- mengajar. Namun masih banyak administrator sekolah yang masih menggunakan pendekatan manajemen usang  dalam mengelola sekolah. Seorang administrator yang bijaksana seyogyanya memperbarui pengetahuan dan mengikuti pelatihan yang cukup. Para pakar banyak yang berpendapat bahwa fungsi utama sekolah adalah untuk melakukan tugas-tugas bagi proses kemanusiaan dan untuk memanusiakan manusia. Meskipun  fitur tugas sekolah dan apa yang dihasilkannya berbeda dengan dunia industri, namun pendekatan kewirausahaan dapat diterapkan dalam pengelolaan sekolah. Kepala sekolah, guru, asosiasi orang tua (komite sekolah) dan stakeholder terkait lainnya perlu memiliki kemampuan untuk menerapkan pendekatan kewirausahaan dalam mengelola sekolah. Sekolah dapat belajar dari pengalaman kewirausahaan dengan mempraktikkan metode yang dilakukan oleh para wirausahawan sukses untuk membangun sekolah yang efektif. Fungsi, tugas dan peran para administrator dalam mengatur dan memimpin sekolah akan menjadi lebih rumit karena telah terjadi sejumlah perubahan di bidang pendidikan. Oleh karena itu, manajemen dan sistem kepemimpinan sekolah perlu menerapkan pendekatan baru, diantaranya yaitu pendekatan kewirausahaan. Dengan kata lain, para pengelola sekolah seyogyanya bisa fokus pada pendekatan kewirausahaan, yaitu berlatih tentang bagaimana cara wirausahawan sukses dalam menciptakan organisasi sekolah yang efektif.

Diperlukan kerja keras dan antusiasme dalam mengorganisir sekolah, sehingga sekolah menjadi efektif dan memiliki kemampuan manajemen-administrasi yang sama dengan kewirausahaan yang sukses. Dalam sekolah yang efektif, para siswanya nampak lebih proaktif dan progresif dimulai sejak mereka masuk sekolah. Hal ini berarti bahwa sekolah yang efektif telah memberikan nilai tambah terhadap output siswa dibanding kondisi siswa lain yang pada dasarnya memiliki kemampuan dan potensi yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aspek yang mendorong kinerja masing-masing sekolah yang perlu diperhitungkan dalam menentukan efektivitas sekolah antara sekolah yang satu dengan sekolah lainnya, diantaranya adalah adanya aspek kapasitas atau keadaan awal ketika seorang anak atau siswa memasuki sekolah. Dalam sekolah yang efektif, semua sumber daya diatur dan digunakan untuk memastikan agar semua siswa – terlepas dari kelompok etnik, jenis kelamin atau gender, atau status sosial-ekonomi – dapat mempelajari materi kurikulum penting di sekolah. Terdapat delapan kriteria untuk mengukur efektivitas sekolah, yaitu: (i) peningkatan nilai tes, (ii) peningkatan kehadiran, (iii) peningkatan jumlah pengerjaan tugas dan pekerjaan rumah ; (iv) peningkatan alokasi waktu untuk mata pelajaran matematika, bahasa Inggris, ilmu pengetahuan dan sejarah; (v) adanya keterlibatan masyarakat dan orang tua; (vi) keterlibatan siswa dalam kegiatan ko-kurikuler; dan (vii) adanya dukungan yang berkualitas bagi siswa dan guru, khususnya dalam hal penghargaan dan pengakuan yang diterima dari masyarakat. Para pakar lain mengatakan bahwa ada lima fitur dari suatu sekolah yang efektif , yaitu: (i) adanya kepemimpinan dan perhatian kepala sekolah  pada kualitas pengajaran, (ii) adanya pemahaman yang mendalam mengenai pengajaran, (iii) iklim yang nyaman dan tertib untuk kelangsungan proses belajar mengajar, (iv) adanya harapan bahwa semua siswa minimal akan menguasai pengetahuan khusus, dan (v) penilaian siswa yang didasarkan pada pengukuran hasil belajar siswa.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close