People Innovation Excellence

Pentingnya Sekolah Berbasis Manajemen – Kewirausahaan [Bagian 4]

Oleh Prof. Dr. H. Faisal Afiff, Spec.Lic.

Dengan demikian pendidikan yang efektif dapat dilihat dari dua karakteristik kualitas, yaitu: pertama, bahwa siswa menunjukkan tingkat penguasaan yang tinggi akan tugas-tugas belajar sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan, diantaranya adalah hasil belajar akademik yang dinyatakan dalam prestasi akademik. Kedua, hasil pembelajaran perlu disesuaikan dengan kebutuhan siswa dalam kehidupan, sehingga dengan belajar, para siswa merasa tidak hanya tahu sesuatu, tetapi juga dapat bekerja atau melakukan sesuatu yang bermanfaat dalam hidup mereka. Ketiga, hasil belajar disesuaikan atau relevan dengan tuntutan tertentu dari lingkungan tempat mereka berada. Berdasarkan perspektif ini, maka sekolah yang efektif perlu menyediakan, yakni: (i) pelayanan pendidikan bagi siswa; (ii) manajemen dan pelayanan siswa, (iii) peralatan dan perlengkapan sekolah; (iv) program dan pembiayaan, (v) peluang bagi partisipasi masyarakat , dan (vi) budaya sekolah, termasuk penanaman budi pekerti dan tradisi.

Adapun  konsep dasar sekolah yang efektif , yaitu: (i) para guru seyogyanya mempersiapkam siswa dengan baik, dan melaporkan secara sistematik dan teratur, dan mereka puas dengan kinerja sekolah yang merupakan hasil dari kerja keras, (ii) siswa sebaiknya dikondisikan untuk menghabiskan waktu sekitar dua jam setiap malam untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mereka; dan siswa didorong agar secara sukarela meminjam lebih banyak buku dari perpustakaan dibandingkan dengan sekolah lain yang serupa, dan (iii) orang tua perlu menunjukkan antusiasme tinggi ketika menyekolahkan anaknya ke sekolah.


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close